SOAL SKI ASESMEN MADRASAH PILIHAN GANDA MTS KELAS IX 2025

 

1.       Pada Masyarakat Arab Jahiliyyah terdapat suatu kepercayaan berbagai tuhan (Polytheisme), seperti penyembahan berhala, penyembahan bulan dan bintang, penyembahan jin, ruh, dan arwah nenek moyang, dan ajaran yang tidak sesuai dengan ajaran Islam. Dari cerita ini Misi  dakwah Nabi Muhammad di Mekah yang tepat adalah ….

A.         mengangkat dan melindungi hak asasi manusia

B.         merubah perilaku jahiliyah

C.         mengajarkan ketauhidan

D.         menegaskan hari kiamat sebagai hari pembalasan

#Kunci: C

2.       Nabi Muhammad mengembangkan dakwahnya di Mekah dengan segala tantangan dan ancaman dari masyarakat Quraisy. Tantangan tersebut tidak menghalangi beliau untuk menghentikan dakwahnya. Perjuangan terus dilakukan sehingga pengikutnya terus bertambah. Keberhasilan tersebut tidak terlepas dari strategi dakwah Nabi Muhammad Saw. Bila kita terapkan pada masa seperti sekarang ini agar siswa tetap dapat menuntut ilmu adalah …

A. Kesetaraan derajat

B. Berdiam diri 

C.  Kegigihan dan keuletan

D. Mudah menyerah

#Kunci: C

3.       Di Madinah Nabi Muhammad SAW. mempersaudarakan Abdurrahman bin Auf dengan Sa’ad, seketika itu Sa’ad bin Rabi’ menawarkan sebagian hartanya untuk dimiliki, tetapi Abdurrahman bin Auf menolak tawaran tersebut secara halus dan memilih untuk berniaga kembali, memulai dari nol. Strategi dakwah Rasulullah yang dapat terapkan dalam kehidupan sehari-hari dari kisah tersebut adalah …

A.      Mendalam menyegerakan membangun    masjid

B.      Mengedepankan berniaga daripada persahabatan

C.       Memilih jalan yang terhormat dalam menjalani arti persahabatan

D.      Menjaga gengsi dengan tidak menerima pertolongan orang lain

#Kunci: C

4.       Sahabat Muhajirin hijrah ke Madinah tidak membawa harta benda sehingga Nabi Muhammad berupaya membangun perekonomian masyarakat Madinah. Di bawah ini adalah langkah Nabi Muhammad dalam mengatasi hal tersebut dan dapat kita terapkan pada masa sekarang ini yang banyak PHK agar bisa tetap bertahan ekonominya  …

A.      Menempatkan orang-orang fakir miskin yang tidak punya tempat tinggal di masjid

B.      Nabi menganjurkan bagi kaum Muhajirin yang mempunyai pengalaman dagang dan modal untuk beralih profesi

C.      Mengupayakan pembangunan pasar di Madinah

D.      Bekerja sama dengan kaum Anshor menciptakan lapangan pekerjaan bagi kaum Muhajirin. Kaum Muhajirin tidak mau menjadi beban sehingga adanya lapangan kerja memberikan mereka untuk memperoleh nafkah dengan keringat sendiri

#Kunci: D

5.       Perhatikan pernyataan-pernyataan di bawah ini!

1.       Membenahi keuangan negara (Baitul Mal)

2.       Membentuk Baitul Mal yang bertugas mengurusi keuangan negara

3.       Memperkenalkan sistem penggajian bagi pegawai pemerintah

4.       Memberikan santunan dari Baitul Mal kepada seluruh rakyatnya yang besarnya disesuaikan dengan lamanya memeluk Islam 

Dari pernyataan di atas yang merupakan prestasi  Khalifah Umar bin Khattab dalam meningkatkan fungsi Baitul Mal adalah …

A.      (1), (2) dan (3)

B.      (2), (3) dan (4)

C.       (1), (3) dan (4)

D.      (1), (2) dan (4)

#Kunci: A

6.       Umar bin Abdul Azis merupakan sosok pribadi yang baik. Beliau memiliki karakter yang hampir sama dengan Khulafaurrasyidin, diantaranya Umar adalah orang yang sangat Zuhud. Diantara sifat zuhud beliau yang dapt kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari adalah …

A.         Merasa cukup hanya dengan uang yang tidak terlalu banyak  walau beliau seorang pemimpin

B.         Kesabaran dalam urusan pemerintahan

C.         Keengganan beliau menggunakan fasilitas negara untuk keperluan pribadi

D.         Dikagumi karena banyaknya shalat 

#Kunci: C

7.       Berdirinya Daulah Abbasiyah tidak dapat terlepas dari sejarah panjang Daulah Umayyah. Keluarga Abbas bin Abdul Muthallib mencari dukungan masyarakat dan mencari simpati dari kelompok-kelompok yang selama ini dipinggirkan oleh daulah Umayyah. Isu yang dikembangkan oleh keluarga Abbas bin Abdul Muthallib kepada masyarakat untuk menggulingkan kekuasaan daulah Umayyah adalah . . .

A.         Perilaku ketidakadilan pemerintah daulah Umayyah

B.         Keserakahan para pemimpin daulah Umayyah

C.         Kejahatan sumber daya alam pejabat daulah Umayyah

D.         Perilaku buruk yang dilakukan pemimpin Daulah Umayyah

#Kunci: A

8.       Ar-Razi seorang ilmuan kedokteran Islam masa daulah Abbasiyah yang paling produktif. Karya-karya besar ar- Razi menjadi rujukan utama ilmu kedokteran di masa kini dan mendatang dan banyak digunakan sebagai buku rujukan untuk dunia kedokteran Barat. Beliau adalah seorang dokter yang pertama kali mendiagnosis terhadap hipertensi (darah tinggi) dengan metode yang khas yaitu …

A.         Pemanasan syaraf dan akupuntur

B.         Pijat syaraf dan akupuntur

C.         Terapi

D.         Pemanasan global

#Kunci: A

9.       Masa Daulah Abbasiyah juga melahirkan banyak ilmuwan besar yang ahli dari berbagai macam bidang ilmu. Dari tabel di bawah ini antara ilmuwan dan bidang ilmu yang sesuai adalah…

A.      Al farabi = Filsafat

B.      Ibnu Sina = Matematika

C.       Al-Khawarizmi = Kimia

D.      Jabir Bin Hayyan = Kedokteran

#Kunci: A

10.   Imam Malik memiliki nama lengkap Malik bin Anas bin Malik bin Abi Amir bin Amr bin al Harits bin Ghaiman bin Jutsail bin Amr bin al Harits Dzi Ashbah. Imam Malik dilahirkan di Madinah tahun 93 H dan wafat pada tahun 179 H. Beliau dikenal dengan sebutan “Sayyid Fuqaha’ al Hijaz” (Pemimpin para ahli fiqh di seluruh daerah Hijaz). Imam Malik membangun madzhabnya atas empat dasar rujukan, yaitu ....

A.    Al qur’an, Sunnah Rasul, Fatwa Sahabat, Istihsan, Ijma’, dan ‘Urf

B.    Al qur’an, Sunnah Rasul, Ijma’, dan Qiyas

C.    Al qur’an, Sunnah Rasul, Ijma’, Qiyas, Maslahah Mursalah, dan Istihsan

D.    Al qur’an, Hadits, dan Ijma’ Ulama

#Kunci: B

11.   Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut!

1)      percetakan mata uang dirham campuran (fulus) sebagai alat tukar

2)      pengembangan masjid sebagai sekolah juga mausoleum

3)      dibangunnya benteng Qal’al Jabal

4)      menjadikan Damaskus sebagai kota Pendidikan

5)      berdiriya madrasah Nidzamiyah

Pernyataan diatas yang merupakan bukti kemajuan bidang pendidikan pada masa Daulah Ayyubiyah diklasifikasikan pada angka ....

A.      (1), (2), dan (4)

B.      (1), (3), dan (5)

C.       (2), (4), dan (5)

D.      (3), (4), dan (5)

#Kunci: C

12.   Salah satu Ilmuan muslim pada masa Daulah Ayyubiyah Sarafuddin Abu Abdillah Muhammad bin Abdullah As-Shanhaji Al-Bushiri sastrawan dan sosok ulama yang hafal dan faham tiap detil ayat-ayat Al-Qur’an. Karya besarnya yang hingga kini masih sering ditampilkan pada acara maulid Nabi Muhammad Saw adalah…. 

A.         Al-Barzanji 

B.         Ad-Dibai 

C.         Dhiya Al-Lami 

D.         Qasidah Burdah

#Kunci: D

13.   Daulah Mamluk berkuasa di Mesir pada tahun 1250-1517 M. Meskipun Daulah Mamluk terdiri atas berbagai ras yang berbeda-beda, mereka mampu mengapresiasi dengan baik pembangunan arsitektur dan kesenian, sehingga dalam kedua bidang itu, Mesir boleh dibandingkan dengan daulah-daulah yang lain. Bahkan Kairo hingga saat ini masih menjadi tempat yang indah bagi dunia peradaban Islami. Berikut yang merupakan faktor pendukung Daulah Mamluk dalam membangun peradaban Islami di Mesir adalah ....

A.       memiliki paham Islam Sunni sama dengan paham yang diikuti Daulah Ayyubiyah, sehingga mendapatkan dukungan yang kuat

B.       berhasil mengorganisir angkatan perang dan memperkuat benteng Suriah, serta menjadi pusat penyampaian ajaran Syi’ah

C.       adanya kepribadian dan wibawa Sultan yang tinggi, solidaritas sesama yang kuat, dan stabilitas Negara yang aman dari gangguan

D.      menerapkan bentuk pemerintahan yang oligarki dan menerapkan kepemimpinan berdasarkan kekuatan dan pengaruh

#Kunci: C

14.   Islam ditengarai mulai masuk ke Indonesia pada abad 7 M yang ditandai dengan munculnya perkampungan komunitas Pedagang Arab muslim di Boga, Sriwijaya. Meskipun sudah ditengarai masuk pada abad tersebut, proses Islamisasi belum berlangsung secara masal. Masuk dan berkembangnya Islam di Indonesia memerlukan proses yang sangat panjang dan melalui saluran Islamisasi yang beragam. Adanya perkampungan pekojan membuktikan bahwa Islam masuk ke Indonesia melalui jalur ....

A.    Perdagangan

B.    Perkawinan

C.    Pendidikan

D.    Penaklukan

#Kunci: A

15.   Sebagai sebuah kerajaan, Aceh mempunyai peranan yang sangat penting dalam proses Islamisasi, hal ini dikarenakan ....

A.      terletak dekat dengan penghasil rempah-rempah terbesar di Nusantara

B.      masyarakat Aceh bersifat fanatis dan intoleran dalam beragama

C.       menjadi jalur penting perdagangan setelah Malaka dikuasai Portugis

D.      adanya hubungan keluarga dengan penguasa Islam di Gujarat

#Kunci: C

16.   Pondok pesantren merupakan lembaga pendidikan yang sudah lama ada di Indonesia, sehingga begitu mengakar dengan adanya budaya bangsa serta mampu mempertahankan eksistensinya dari berbagai ujian. Pondok pesantren tidak akan lepas dari beberapa hal, kyai, santri, asrama, dan kurikulum pembelajaran berupa kitab kuning. Pondok pesantren berasal dari 2 kata, pondok dan santri. Pondok berasal dari bahasa arab ‘funduq’ yang berarti ....

A.    Tempat penginapan, asrama

B.    Tempat peristirahatan

C.    Orang yang tidur Bersama

D.    Tempat persinggahan

#Kunci: A

17.   Sebagai lembaga pendidikan, pesantren ikut bertanggung jawab terhadap proses pencerdasan kehidupan bangsa secara integral. Sedangkan secara khusus pesantren bertanggung jawab terhadap kelangsungan tradisi keagamaan dalam kehidupan masyarakat. Dalam kaitannya dengan dua hal tersebut, pesantren memilih model tersendiri yang dirasa mendukung secara penuh tujuan dan hakekat pendidikan itu sendiri, yaitu ....

A.         sebagai wadah generasi muslim untuk menuntut ilmu pengetahuan

B.         menciptakan manusia yang cerdas dan dapat menghasilkan produk karya modern

C.         menyiapkan generasi muda masa depan yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi

D.         membentuk manusia mukmin sejati yang memiliki kualitas moral dan intelektual secara seimbang

#Kunci: D

18.   Seni suara yang secara istilah berarti puisi yang terdiri lebih dari empat belas bait, dengan menampilkan nasihat-nasihat keislaman dan biasanya ditampilkan pada perayaan keagamaan dengan diiringi rebana ialah ....

A.      Qosidah

B.      Marawis

C.       Hadrah

D.      Rodat

#Kunci: A

19.   Nyadran adalah serangkaian upacara yang dilakukan oleh masyarakat Jawa, terutama Jawa Tengah. Tradisi nyadran biasanya dilakukan ketika menjelang bulan Ramadhan, Idul Fitri atau pada saat datangnya bulan Sya’ban. Tradisi ini bertujuan untuk ....

A.      Menyambut malam Lailatul Qadar

B.      Menyambut datangnya bulan Ramadhan

C.       Saling memohon maaf antar sesama muslim

D.      Menghormati dan mendoakan leluhur dengan menziarahi makamnya

#Kunci: D

20.   Masing-masing tokoh Wali Songo mempunyai peran yang unik. Mulai dari Maulana Malik Ibrahim menempatkan diri sebagai "tabib" bagi Kerajaan Hindu Majapahit; Sunan Giri yang disebut para kolonialis sebagai "paus dari Timur" hingga Sunan Kalijaga yang mencipta karya kesenian dengan menggunakan nuansa yang dapat dipahami masyarakat Jawa (nuansa Hindu dan Budha). Semua peran itu mereka jalani agar tetap bisa dan mudah dalam ....

A. berdagang                                                                       

B. menjalin komunikasi

C.  membuat rumah pribadi

D. menyebarkan agama Islam

#Kunci: D

21.   Sunan Kalijaga adalah tokoh ulama yang paling mahir dalam memainkan wayang. Ia tidak pernah meminta upah pertunjukan, tetapi mengajak penonton untuk mengikuti mengucapkan kalimat syahadatain. Sebagian besar cerita wayang masih dipetik dari cerita Mahabharata dan Ramayana, tetapi di dalam cerita itu disisipkan ajaran dan nama-nama pahlawan Islam, pendidikan, dan unsur-unsur filsafat (mencari kebenaran). Penyebaran agama Islam yang dilakukan Sunan Kalijaga dengan cara ....

A.         kesenian                                                                     

B.         perdagangan

C.         pendidikan

D.         tasawuf

#Kunci: A

22.   Syekh Muhammad Arsyad al-Banjari dikenal karena kefasihan beliau dalam membaca al-Qur’an sejak berusia 7 tahun. Beliau juga menuntut ilmu di Haramain al-Syarifain selama kurang lebih 30 tahun sehingga banyak karya besar yang telah ditulisnya. Hikmah perjuangan beliau dalam menuntut ilmu yang dapat diteladani adalah ....

A.         aktif dalam dakwah Islami

B.         mensyiarkan Islam ke luar negeri

C.         selalu belajar agar mampu berkarya

D.         mampu menciptakan lembaga pendidikan

#Kunci: C

23.   Pada sekitar tahun 1604 H/1643 M, ketika kesultanan Aceh berada dalam pemerintahan Sultanah (Ratu) Safiatuddin Tajul Alam (w. 1675), Abdur Rauf Singkili berangkat ke tanah Arab dengan tujuan mempelajari agama. Ia mengunjungi pusat-pusat pendidikan dan pengajaran agama di sepanjang jalur perjalanan haji antara Yaman dan Mekah. Ia kemudian bermukim di Mekah dan Madinah untuk menambah pengetahuan tentang ilmu Al-Qur’an, Hadis, Fikih, dan Tafsir, serta mempelajari tasawuf. Setelah kita mengetahui perjalanan perjuangan Abdur Rauf Singkili, sikap positif yang dapat kita diterapkan sebagai generasi muslim adalah .....

A.      menuntut ilmu dengan tidak mengenal lelah karena dengan bekal ilmu pengetahuan hidup kita akan lebih mudah

B.      semangat menuntut ilmu dengan tidak mengenal lelah karena dengan bekal ilmu pengetahuan kita akan mudah memperoleh pekerjaan layak

C.       selalu tekun, gigih, dalam menuntut ilmu dan mensyiarkan agama Islam

D.      dalam menuntut ilmu dengan tidak mengenal lelah karena dengan bekal ilmu akan terjamin ekonominya

#Kunci: C

24.   KH. Ahmad Dahlan  dididik dalam lingkungan pesantren sejak kecil, dan sekaligus menjadi tempatnya menimba pengetahuan agama dan bahasa Arab. Ia menunaikan ibadah haji ketika berusia 15 tahun (1883), lalu dilanjutkan dengan menuntut ilmu agama dan bahasa Arab di Makkah selama lima tahun. Dalam perjuangan untuk melaksanakan cita-cita pembaharuan Islam di Nusantara Pada tahun 1912 KH. Ahmad Dahlan mendirikan organisasi .....

A.         Nahdhatul Ulama (NU)                              

B.         Sarikat Islam (SI)            

C.         Persatuan Islam (Persis)

D.         Muhamadiyah

#Kunci: D

25.   KH. Hasyim As’ayari di samping aktif mengajar, beliau juga aktif dalam berbagai kegiatan, baik yang bersifat lokal atau nasional. Pada tanggal 16 Sya’ban 1344 H/31 Januari 1926 M, di Jombang Jawa didirikanlah Jam’iyah Nahdlatul Ulama (kebangkitan ulama) bersama KH. Bisri Syamsuri, KH. Wahab Hasbullah, dan ulama-ulama besar lainnya. Pernyataan berikut yang bukan merupakan keteladanan yang dapat diambil dari perjuangan KH. Hasyim As’ayari adalah ....

A. semanagat yang tinggi dalam menuntut ilmu pengetahuan

B. mudah menyerah dalam berjuang menghadapi musuh

C. memprakarsai berdirinya organisasi masyarakat Islam

D.        mendakwahkan Islam melalui pondok pesantren

#Kunci: D

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SOAL ASESMEN BAHASA INDONESIA MTS KLS 9

ASASMEN BAHASA INGGRIS

ASASMEN BAHASA ARAB MTS