SOAL SKI ASESMEN MADRASAH PILIHAN GANDA MTS KELAS IX 2025
1.
Pada
Masyarakat Arab Jahiliyyah terdapat suatu kepercayaan berbagai tuhan
(Polytheisme), seperti penyembahan berhala, penyembahan bulan dan bintang,
penyembahan jin, ruh, dan arwah nenek moyang, dan ajaran yang tidak sesuai
dengan ajaran Islam. Dari cerita ini Misi
dakwah Nabi Muhammad di Mekah yang tepat adalah ….
A.
mengangkat
dan melindungi hak asasi manusia
B.
merubah
perilaku jahiliyah
C.
mengajarkan
ketauhidan
D.
menegaskan
hari kiamat sebagai hari pembalasan
#Kunci:
C
2.
Nabi Muhammad mengembangkan dakwahnya di Mekah dengan
segala tantangan dan ancaman dari masyarakat Quraisy. Tantangan tersebut tidak
menghalangi beliau untuk menghentikan dakwahnya. Perjuangan terus dilakukan
sehingga pengikutnya terus bertambah. Keberhasilan tersebut tidak terlepas dari
strategi dakwah Nabi Muhammad Saw. Bila kita terapkan pada masa seperti
sekarang ini agar siswa tetap dapat menuntut ilmu adalah …
A.
Kesetaraan derajat
B.
Berdiam diri
C.
Kegigihan dan keuletan
D.
Mudah menyerah
#Kunci: C
3.
Di Madinah
Nabi Muhammad SAW. mempersaudarakan Abdurrahman bin Auf dengan Sa’ad, seketika
itu Sa’ad bin Rabi’ menawarkan sebagian hartanya untuk dimiliki, tetapi
Abdurrahman bin Auf menolak tawaran tersebut secara halus dan memilih untuk
berniaga kembali, memulai dari nol. Strategi dakwah Rasulullah yang dapat
terapkan dalam kehidupan sehari-hari dari kisah tersebut adalah …
A.
Mendalam
menyegerakan membangun masjid
B.
Mengedepankan
berniaga daripada persahabatan
C.
Memilih jalan
yang terhormat dalam menjalani arti persahabatan
D.
Menjaga gengsi
dengan tidak menerima pertolongan orang lain
#Kunci: C
4.
Sahabat Muhajirin hijrah ke Madinah tidak membawa
harta benda sehingga Nabi Muhammad berupaya membangun perekonomian masyarakat
Madinah. Di bawah ini adalah langkah Nabi Muhammad dalam mengatasi hal tersebut
dan dapat kita terapkan pada masa sekarang ini yang banyak PHK agar bisa tetap
bertahan ekonominya …
A.
Menempatkan orang-orang fakir miskin yang tidak punya
tempat tinggal di masjid
B.
Nabi menganjurkan bagi kaum Muhajirin yang mempunyai
pengalaman dagang dan modal untuk beralih profesi
C.
Mengupayakan pembangunan pasar di Madinah
D.
Bekerja sama dengan kaum Anshor menciptakan lapangan
pekerjaan bagi kaum Muhajirin. Kaum Muhajirin tidak mau menjadi beban sehingga
adanya lapangan kerja memberikan mereka untuk memperoleh nafkah dengan keringat
sendiri
#Kunci: D
5.
Perhatikan pernyataan-pernyataan di bawah ini!
1. Membenahi keuangan
negara (Baitul Mal)
2. Membentuk Baitul Mal
yang bertugas mengurusi keuangan negara
3. Memperkenalkan sistem
penggajian bagi pegawai pemerintah
4. Memberikan santunan
dari Baitul Mal kepada seluruh rakyatnya yang besarnya disesuaikan dengan
lamanya memeluk Islam
Dari pernyataan di atas yang merupakan
prestasi Khalifah Umar bin Khattab dalam
meningkatkan fungsi Baitul Mal adalah …
A.
(1), (2) dan (3)
B.
(2), (3) dan (4)
C.
(1), (3) dan (4)
D.
(1), (2) dan (4)
#Kunci: A
6.
Umar bin Abdul Azis merupakan sosok pribadi yang baik.
Beliau memiliki karakter yang hampir sama dengan Khulafaurrasyidin, diantaranya
Umar adalah orang yang sangat Zuhud. Diantara sifat zuhud beliau yang dapt kita
terapkan dalam kehidupan sehari-hari adalah …
A.
Merasa cukup hanya dengan uang yang tidak terlalu
banyak walau beliau seorang pemimpin
B.
Kesabaran dalam urusan pemerintahan
C.
Keengganan beliau menggunakan fasilitas negara untuk
keperluan pribadi
D.
Dikagumi karena banyaknya shalat
#Kunci: C
7.
Berdirinya
Daulah Abbasiyah tidak dapat terlepas dari sejarah panjang Daulah Umayyah.
Keluarga Abbas bin Abdul Muthallib mencari dukungan masyarakat dan mencari
simpati dari kelompok-kelompok yang selama ini dipinggirkan oleh daulah
Umayyah. Isu yang dikembangkan oleh keluarga Abbas bin Abdul Muthallib kepada
masyarakat untuk menggulingkan kekuasaan daulah Umayyah adalah . . .
A.
Perilaku ketidakadilan
pemerintah daulah Umayyah
B.
Keserakahan para pemimpin
daulah Umayyah
C.
Kejahatan sumber daya alam
pejabat daulah Umayyah
D.
Perilaku buruk yang dilakukan pemimpin Daulah Umayyah
#Kunci: A
8.
Ar-Razi seorang ilmuan kedokteran Islam masa daulah
Abbasiyah yang paling produktif. Karya-karya besar ar- Razi menjadi rujukan
utama ilmu kedokteran di masa kini dan mendatang dan banyak digunakan sebagai
buku rujukan untuk dunia kedokteran Barat. Beliau adalah seorang dokter yang
pertama kali mendiagnosis terhadap hipertensi (darah tinggi) dengan metode yang
khas yaitu …
A.
Pemanasan syaraf dan akupuntur
B.
Pijat syaraf dan akupuntur
C.
Terapi
D.
Pemanasan global
#Kunci: A
9.
Masa Daulah Abbasiyah juga melahirkan banyak ilmuwan besar yang ahli dari
berbagai macam bidang ilmu. Dari tabel di bawah ini antara ilmuwan dan bidang
ilmu yang sesuai adalah…
A.
Al farabi = Filsafat
B.
Ibnu Sina = Matematika
C.
Al-Khawarizmi = Kimia
D.
Jabir Bin Hayyan = Kedokteran
#Kunci: A
10.
Imam Malik memiliki nama lengkap Malik
bin Anas bin Malik bin Abi Amir bin Amr bin al Harits bin Ghaiman bin Jutsail
bin Amr bin al Harits Dzi Ashbah. Imam Malik dilahirkan di Madinah tahun 93 H
dan wafat pada tahun 179 H. Beliau dikenal dengan sebutan “Sayyid Fuqaha’ al
Hijaz” (Pemimpin para ahli fiqh di seluruh daerah Hijaz). Imam Malik membangun
madzhabnya atas empat dasar rujukan, yaitu ....
A. Al qur’an, Sunnah Rasul, Fatwa Sahabat, Istihsan, Ijma’, dan ‘Urf
B. Al qur’an, Sunnah Rasul, Ijma’, dan Qiyas
C. Al qur’an, Sunnah Rasul, Ijma’, Qiyas, Maslahah Mursalah, dan
Istihsan
D. Al qur’an, Hadits, dan Ijma’ Ulama
#Kunci: B
11.
Perhatikan pernyataan-pernyataan
berikut!
1) percetakan mata uang dirham campuran (fulus) sebagai alat tukar
2) pengembangan masjid sebagai sekolah juga mausoleum
3) dibangunnya benteng Qal’al Jabal
4) menjadikan Damaskus sebagai kota Pendidikan
5) berdiriya madrasah Nidzamiyah
Pernyataan
diatas yang merupakan bukti kemajuan bidang pendidikan pada masa Daulah
Ayyubiyah diklasifikasikan pada angka ....
A.
(1), (2), dan (4)
B.
(1), (3), dan (5)
C.
(2), (4), dan (5)
D.
(3), (4), dan (5)
#Kunci:
C
12.
Salah
satu Ilmuan muslim pada masa Daulah Ayyubiyah Sarafuddin Abu Abdillah Muhammad
bin Abdullah As-Shanhaji Al-Bushiri sastrawan dan sosok ulama yang hafal dan
faham tiap detil ayat-ayat Al-Qur’an. Karya besarnya yang hingga
kini masih sering ditampilkan pada acara maulid Nabi Muhammad Saw
adalah….
A.
Al-Barzanji
B.
Ad-Dibai
C.
Dhiya Al-Lami
D.
Qasidah Burdah
#Kunci:
D
13.
Daulah Mamluk berkuasa di Mesir pada
tahun 1250-1517 M. Meskipun Daulah Mamluk terdiri atas berbagai ras yang
berbeda-beda, mereka mampu mengapresiasi dengan baik pembangunan arsitektur dan
kesenian, sehingga dalam kedua bidang itu, Mesir boleh dibandingkan dengan
daulah-daulah yang lain. Bahkan Kairo hingga saat ini masih menjadi tempat yang
indah bagi dunia peradaban Islami. Berikut yang merupakan faktor pendukung
Daulah Mamluk dalam membangun peradaban Islami di Mesir adalah ....
A. memiliki paham Islam Sunni sama dengan paham yang diikuti Daulah
Ayyubiyah, sehingga mendapatkan dukungan yang kuat
B. berhasil mengorganisir angkatan perang dan memperkuat benteng
Suriah, serta menjadi pusat penyampaian ajaran Syi’ah
C. adanya kepribadian dan wibawa Sultan yang tinggi, solidaritas
sesama yang kuat, dan stabilitas Negara yang aman dari gangguan
D. menerapkan bentuk pemerintahan yang oligarki dan menerapkan
kepemimpinan berdasarkan kekuatan dan pengaruh
#Kunci: C
14.
Islam ditengarai mulai masuk ke Indonesia pada abad 7 M yang
ditandai dengan munculnya perkampungan komunitas Pedagang Arab muslim di Boga,
Sriwijaya. Meskipun sudah ditengarai masuk pada abad tersebut, proses
Islamisasi belum berlangsung secara masal. Masuk dan berkembangnya Islam di
Indonesia memerlukan proses yang sangat panjang dan melalui saluran Islamisasi
yang beragam. Adanya perkampungan pekojan membuktikan bahwa Islam masuk ke
Indonesia melalui jalur ....
A. Perdagangan
B. Perkawinan
C. Pendidikan
D. Penaklukan
#Kunci: A
15.
Sebagai sebuah kerajaan, Aceh
mempunyai peranan yang sangat penting dalam proses Islamisasi, hal ini
dikarenakan ....
A. terletak dekat dengan penghasil rempah-rempah terbesar di
Nusantara
B. masyarakat Aceh bersifat fanatis dan intoleran dalam beragama
C. menjadi jalur penting perdagangan setelah Malaka dikuasai Portugis
D. adanya hubungan keluarga dengan penguasa Islam di Gujarat
#Kunci: C
16.
Pondok pesantren merupakan lembaga
pendidikan yang sudah lama ada di Indonesia, sehingga begitu mengakar dengan
adanya budaya bangsa serta mampu mempertahankan eksistensinya dari berbagai
ujian. Pondok pesantren tidak akan lepas dari beberapa hal, kyai, santri,
asrama, dan kurikulum pembelajaran berupa kitab kuning. Pondok pesantren
berasal dari 2 kata, pondok dan santri. Pondok berasal dari bahasa arab
‘funduq’ yang berarti ....
A. Tempat penginapan, asrama
B. Tempat peristirahatan
C. Orang yang tidur Bersama
D. Tempat persinggahan
#Kunci: A
17.
Sebagai lembaga pendidikan, pesantren
ikut bertanggung jawab terhadap proses pencerdasan kehidupan bangsa secara
integral. Sedangkan secara khusus pesantren bertanggung jawab terhadap
kelangsungan tradisi keagamaan dalam kehidupan masyarakat. Dalam kaitannya dengan
dua hal tersebut, pesantren memilih model tersendiri yang dirasa mendukung
secara penuh tujuan dan hakekat pendidikan itu sendiri, yaitu ....
A.
sebagai wadah generasi muslim untuk
menuntut ilmu pengetahuan
B.
menciptakan manusia yang cerdas dan
dapat menghasilkan produk karya modern
C.
menyiapkan generasi muda masa depan
yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi
D.
membentuk manusia mukmin sejati yang
memiliki kualitas moral dan intelektual secara seimbang
#Kunci: D
18.
Seni suara yang secara istilah berarti puisi yang
terdiri lebih dari empat belas bait, dengan menampilkan nasihat-nasihat
keislaman dan biasanya ditampilkan pada perayaan keagamaan dengan diiringi
rebana ialah ....
A. Qosidah
B. Marawis
C. Hadrah
D.
Rodat
#Kunci: A
19.
Nyadran adalah serangkaian upacara
yang dilakukan oleh masyarakat Jawa, terutama Jawa Tengah. Tradisi nyadran
biasanya dilakukan ketika menjelang bulan Ramadhan, Idul Fitri atau pada saat
datangnya bulan Sya’ban. Tradisi ini bertujuan untuk ....
A.
Menyambut malam Lailatul Qadar
B.
Menyambut datangnya bulan Ramadhan
C.
Saling memohon maaf antar sesama
muslim
D.
Menghormati dan mendoakan leluhur
dengan menziarahi makamnya
#Kunci:
D
20.
Masing-masing
tokoh Wali Songo mempunyai peran yang unik. Mulai dari Maulana Malik Ibrahim menempatkan diri sebagai "tabib" bagi
Kerajaan Hindu Majapahit; Sunan Giri yang disebut para kolonialis sebagai
"paus dari Timur" hingga Sunan Kalijaga yang mencipta karya kesenian
dengan menggunakan nuansa yang dapat dipahami masyarakat Jawa (nuansa Hindu dan
Budha). Semua peran itu mereka jalani agar tetap bisa dan mudah dalam ....
A. berdagang
B.
menjalin
komunikasi
C.
membuat rumah
pribadi
D. menyebarkan agama
Islam
#Kunci: D
21.
Sunan Kalijaga adalah tokoh ulama yang paling
mahir dalam memainkan wayang. Ia tidak pernah meminta upah pertunjukan, tetapi mengajak
penonton untuk mengikuti mengucapkan kalimat syahadatain. Sebagian besar cerita
wayang masih dipetik dari cerita Mahabharata dan Ramayana, tetapi di dalam
cerita itu disisipkan ajaran dan nama-nama pahlawan Islam, pendidikan, dan
unsur-unsur filsafat (mencari kebenaran). Penyebaran agama Islam yang dilakukan
Sunan Kalijaga dengan cara ....
A.
kesenian
B.
perdagangan
C.
pendidikan
D.
tasawuf
#Kunci: A
22.
Syekh Muhammad Arsyad al-Banjari
dikenal karena kefasihan beliau dalam membaca al-Qur’an sejak berusia 7 tahun.
Beliau juga menuntut ilmu di Haramain al-Syarifain selama kurang lebih 30 tahun
sehingga banyak karya besar yang telah ditulisnya. Hikmah perjuangan beliau
dalam menuntut ilmu yang dapat diteladani adalah ....
A.
aktif
dalam dakwah Islami
B.
mensyiarkan
Islam ke luar negeri
C.
selalu
belajar agar mampu berkarya
D.
mampu
menciptakan lembaga pendidikan
#Kunci: C
23.
Pada sekitar tahun 1604 H/1643 M, ketika
kesultanan Aceh berada dalam pemerintahan Sultanah (Ratu) Safiatuddin Tajul
Alam (w. 1675), Abdur Rauf Singkili berangkat ke tanah Arab dengan tujuan
mempelajari agama. Ia mengunjungi pusat-pusat pendidikan dan pengajaran agama
di sepanjang jalur perjalanan haji antara Yaman dan Mekah. Ia kemudian bermukim
di Mekah dan Madinah untuk menambah pengetahuan tentang ilmu Al-Qur’an, Hadis,
Fikih, dan Tafsir, serta mempelajari tasawuf. Setelah kita mengetahui
perjalanan perjuangan Abdur Rauf Singkili, sikap positif yang dapat kita
diterapkan sebagai generasi muslim adalah .....
A.
menuntut ilmu
dengan tidak mengenal lelah karena dengan bekal ilmu pengetahuan hidup kita
akan lebih mudah
B.
semangat menuntut
ilmu dengan tidak mengenal lelah karena dengan bekal ilmu pengetahuan kita akan
mudah memperoleh pekerjaan
layak
C.
selalu tekun,
gigih, dalam menuntut ilmu dan mensyiarkan
agama Islam
D.
dalam menuntut
ilmu dengan tidak mengenal lelah karena dengan bekal ilmu akan terjamin ekonominya
#Kunci:
C
24.
KH. Ahmad Dahlan dididik dalam lingkungan pesantren sejak
kecil, dan sekaligus menjadi tempatnya menimba pengetahuan agama dan bahasa
Arab. Ia menunaikan ibadah haji ketika berusia 15 tahun (1883), lalu
dilanjutkan dengan menuntut ilmu agama dan bahasa Arab di Makkah selama lima
tahun. Dalam perjuangan untuk melaksanakan cita-cita pembaharuan Islam di
Nusantara Pada tahun 1912 KH. Ahmad Dahlan mendirikan organisasi .....
A.
Nahdhatul Ulama
(NU)
B.
Sarikat Islam
(SI)
C.
Persatuan Islam
(Persis)
D.
Muhamadiyah
#Kunci: D
25.
KH. Hasyim As’ayari di samping aktif
mengajar, beliau juga aktif dalam berbagai kegiatan, baik yang bersifat lokal
atau nasional. Pada tanggal 16 Sya’ban 1344 H/31 Januari 1926 M, di Jombang
Jawa didirikanlah Jam’iyah Nahdlatul Ulama (kebangkitan ulama) bersama KH.
Bisri Syamsuri, KH. Wahab Hasbullah, dan ulama-ulama besar lainnya. Pernyataan
berikut yang bukan merupakan keteladanan yang dapat diambil dari perjuangan KH.
Hasyim As’ayari adalah ....
A.
semanagat yang
tinggi dalam menuntut ilmu pengetahuan
B. mudah menyerah dalam berjuang menghadapi musuh
C. memprakarsai berdirinya organisasi masyarakat Islam
D.
mendakwahkan
Islam melalui pondok pesantren
#Kunci: D
Komentar
Posting Komentar