Soal UM QURDIS MTS
SOAL
UJIAN MADRASAH (UM)
Berilah tanda silang ( x ) pada jawaban yang benar !
1. Kitab suci Al-qur'an di turunkan kepada Nabi
Muhammad SAW yang ditulis dengan huruf Arab dan dalam bentuk…
A. pelajaran C. perbuatan
B. kitab D. ucapan
2. Memiliki
kemauan yang sungguh-sungguh untuk dapat memahami isi Al-Qur'an dan hadist
secara benar merupakan salah satu bukti…
mencintai Al-qur'an dan hadist
A. bentuk C. manfaat
B. perilaku D. pengertian
3. Al-Qur'an memerintahkan kita
untuk bertakwa kepada Allah SWT. Hal ini menunjukkan bahwa fungsi hadis
sebagai…
A. penafsir ayat
B. pembatas keumuman
C. pengukuhan hukum
D. penetapan hukum
4. Isi kandungan surat ali Imron
ayat 190 adalah…
A. tanda-tanda kehancuran bumi
beserta isinya
B. tanda-tanda kebesaran Allah
C. tanda-tanda kiamat
D. tanda-tanda akhir jaman
5. Janji Allah SWT dan Rosulnya bagi
orang yang dermawan terdapat pada surat…
A. al lail ayat 1-7 C. adh dhuha ayat 1-4
B. al a'la ayat 1-3 D. asy syamsu ayat 1-7
6. Jika ada
seseorang yang membutuhkan sesuatu yang sangat mendesak untuk kepentingan
pribadi.orang ini meminta kepada
orang-orang yang memiliki harta namun dia tak di hiraukan dengan
kepentingannya. Dan ini termasuk perilaku sifat kikir.Menurut anda, sifat kikir
termasuk…
A. yang di benci Allah
B. yang di sukai Allah
C. cepat kaya
D. yang disukai masyarakat
7. Si A dan Si
B hidup serumah dalam sebuah gubuk. Si A orangnya baik dan selalu membantu
orang yang membutuhkannya. Semua orang-orang yang sekitarnya rumah menberi
julukan Sipenolong. Dari ilustrasi kita dapat menyimpulkan dia orang yang
dermawan.
Sifat dermawan yang dimilikinya
sangat
A. sangat disukai Allah
B. dibenci Allah
C. cepat miskin
D. bukan jaminan jadi kaya
8. Pak Yusuf sebagai warga anggota masyarakat yang baik selalu
membayar pajak dengan tepat waktu, pak Yusuf berarti memfungsikan Al-qur'an dan
hadis dalam kehidupan…
A.
pribadi C. keluarga
B.
masyarakat D. negara
9. Bu
Azizah senantiasa menaati perintah dan saran-saran
suami
sebagai pemimpin rumah tangga selama
dalam
kebenaran, Bu Azizah berarti memfungsikan Al-Qur'an dan hadis dalam kehidupan…
A.
pribadi C. keluarga
B.
masyarakat D. negara
10. Perintah
untuk membersihkan jiwanya supaya mendapatkan keberuntungan di dunia dan
akhirat. Dan Allah SWT akan memberi azab pada siapa saja yang mengotori jiwanya
seperti kaum Tsamud. Ilustrasi ini dijelaskan tentang Allah telah menghancurkan
kaum Tsamud akibat kedurhakaan mereka.menurut anda, ilustrasi ini terdapat pada
sura tapa ?
A.
asy syamsu : 1-7 C. al Falaq : 1-4
B.
at tiin : 1-4 D. an naas
:1-4
|
Ayat Al-Quran |
Hukum Bacaan |
||
|
1 |
لَقَدْ خَلَقْنَا الْإِنْسٰنَ فِىٓ أَحْسَنِ تَقْوِيْمٍ |
A |
Mad Iwadh |
|
2 |
فَلْيَعْبُدُوْا رَبَّ هٰذَا الْبَيْتِۙ |
B |
Mad Layyin |
|
3 |
فَوَسَطْنَ بِهٖ جَمْعًاۙ |
C |
Mad
Aridh Lissukun |
11.
Cermati
ayat-ayat berikut !
Pasangan yang tepat untuk
ayat al-quran dan hukum bacaannya adalah…
a. 1-A,
2-B, 3-C
b. 1-A,
2-C, 3-B
c. 1-B,
2-C, 3-A
d. 1-C,
2-B, 3-A
12.
Perhatikan Pernyataan Berikut !
Pada saat pelajaran Qur’an Hadist, Dani diminta oleh guru membacakan surat
Quraiys dengan fasih dan tartil, saat melafalkan :
الَّذِىٓ أَطْعَمَهُمْ مِّنْ جُوْعٍ وَءَامَنَهُمْ مِّنْ خَوْفٍ
Pada akhir ayat tersebut ia panjankan karena terdapat waw sukun ( وْ ) yang didahului
huruf berharakat fathah dan setelahnya dan selanjutnya terdapat huruf hidup
yang diwaqafkan. Hal tersebut ia lakukan karena pada ayat
tersebut terdapat hukum bacaan ….
a. Mad
‘Iwad
b. Mad
Layyin
c. Mad
Tamkin
d. Mad
‘aridh lissukun
13. Dalam Q.S al-Baqarah
ayat 261 Allah Berfirman yang terjemahannya “Perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah
seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus
biji. Allah melipatgandakan bagi siapa yang Dia kehendaki, dan Allah Mahaluas,
Maha Mengetahui”. Lafal ayat yang artinya “seperti sebutir biji yang
menumbuhkan tujuh tangkai” adalah:
A. مَثَلُ الَّذِيْنَ يُنْفِقُوْنَ اَمْوَالَهُمْ فِيْ
B. وَاللّٰهُ يُضٰعِفُ لِمَنْ يَّشَاۤءُ
C. وَاللّٰهُ وَاسِعٌ عَلِيْمٌ
D. كَمَثَلِ حَبَّةٍ اَنْۢبَتَتْ سَبْعَ سَنَابِلَ
14.
Perhatikan QS.
Al-Fajr Ayat 15-18 berikut ini!
كَلَّا بَلْ لَا تُكْرِمُونَ الْيَتِيمَ
Makna
yang terdapat dalam kandungan ayat di atas adalah …
a. kecenderungan
manusia merasa mulia dengan rezeki yang diberikan Allah Swt, padahal tidaklah
demikian, sesungguhnya harta itu hanyalah ujian dan cobaan bagi mereka
b. mengisyaratkan
agar manusia memuliakan dan menyayangi anak yatim. Memperlakukan mereka dengan
baik
c. memperingatkan
agar manusia saling menyeru, saling mengingatkan untuk menyeru memberi makan
orang miskin. Orang-orang yang tidak menyantuni anak yatim dan tidak menyeru
memberi makan orang miskin termasuk pendusta agama.
d. Betapa
mulianya orang-orang yang menyayangi anak yatim. Kelak Mereka akan berdampingan
bersama Rasulullah Saw
15. Perhatikan ayat di bawah ini !
عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: مَا مِنْ يَوْمٍ يُصْبِحُ الْعِبَادُ فِيْهِ إِلاَّ مَلَكَانِ يَنْزِلاَنِ فَيَقُوْلُ أَحَدُهُمَا: اَللَّهُمَّ أَعْطِ مُنْفِقًا خَلَفًا. وَيَقُوْلُ اْلآخَرُ: اَللَّهُمَّ أَعْطِ مُمْسِكًا تَلَفًا (متفق عليه)
Hadist
di atas merupakan hadis Riwayat Bukhari Muslim dari Abu Hurairah yang sebagian
memiliki arti “Malaikat mendo‘akan orang-orang yang menahan hartanya dengan
do‘a…..
a. فِيْهِ إِلاَّ مَلَكَانِ يَنْزِلاَنِ فَيَقُوْلُ أَحَدُهُمَا:
b. اَللَّهُمَّ أَعْطِ مُمْسِكًا تَلَفًا
c. اَللَّهُمَّ أَعْطِ مُنْفِقًا خَلَفًا
d. : مَا مِنْ يَوْمٍ يُصْبِحُ الْعِبَادُ فِيْهِ
16. Perhatikan hadis berikut!
|
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
|
مَا مِنْ يَوْمٍ |
إِلاَّ مَلَكَانِ |
يُصْبِحُ |
الْعِبَادُ فِيْهِ |
يَنْزِلاَنِ |
Urutan
yang benar dari bacaan di atas adalah ….
a.
1, 2, 3, 4, 5
b.
1, 3, 4, 2, 5
c.
1, 3, 4, 5, 2
d.
1, 3, 2, 5, 4
17. Perhatikan ayat berikut!
لَا تَأْخُذُهُۥ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ ۚ لَّهُۥ مَا فِى ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَمَا فِى ٱلْأَرْضِ
Hukum
bacaan yang terdapat dalam ayat tersebut adalah….
a. Mad
Ṣilah Qaṣirah – Mad Ṣilah Ṭawilah
b. Mad
Ṣilah Ṭawilah– Mad Ṣilah Qaṣirah
c. Mad
Tamkin – Mad Ṣilah Qaṣirah
d. Mad
Ṣilah Ṭawilah– Mad Farqi
18. Kholilah adalah siswi yang pandai
membaca al-Qur‘an . Ketika menemukan lafal yang terdapat dua ya dalam satu
kalimat, ya pertama bertasydid, ya ke dua sukun, ia pun menekan dan
memanjangkan bacaannya dua harakat. Hukum bacaan yang dibaca Kholilah adalah….
a. Mad
Ṣilah
b. Mad
Badal
c. Mad
tamkin
d. Mad
farqi
19. Perhatikan kalimat-kalimat berikut!
|
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
|
قُلْ آٰللهُ |
مِنَ
ٱلْجِنَّةِ |
قُلْ ءَٓالذَّكَرَيْنِ |
فِى
صُدُورِ ٱلنَّا |
قُلْ
أَعُوذُ |
Yang
termasuk hukum bacaan Mad Farqi adalah ….
a. 1,
3, 2
b. 1,
3, 5
c. 2,
4, 5
d. 4,
2, 3
20. Perhatikan bagian QS. Al-Qaṣaṣ (28): 77
berikut!
وَابْتَغِ
فِيمَا آتَاكَ اللَّهُ الدَّارَ الْآخِرَةَ ۖ وَلَا تَنْسَ نَصِيبَكَ مِنَ الدُّنْيَا ۖ
Ayat
di atas menjelaskan tentang….
a. Kehidupan
akhirat lebih utama
b. Kehidupan
dunia lebih utama
c. Kehidupan
dunia harus dicari
d. Keseimbangan
dunia dan akhirat
21. Ibu Aminah selalu membantu fakir miskin
di sekitar rumahnya. Ia menginfakann hartanya untuk membantu mereka sesuai
kemampuannya. Ibu Aminah mengamalkan ayat….
a. وَابْتَغِ فِيْمَآ اٰتٰىكَ اللّٰهُ الدَّارَ الْاٰخِرَةَ
b. وَلَا تَنْسَ نَصِيْبَكَ مِنَ الدُّنْيَا
c. وَاَحْسِنْ كَمَآ اَحْسَنَ اللّٰهُ اِلَيْكَ
d. وَلَا تَبْغِ الْفَسَادَ فِى الْاَرْضِ
22. Pak Abdullah tak pernah ketinggalan slat
berjama‘ah. Ketika waktu salat tiba, ia meninggalkan seluruh kesibukannya. Ia
menyadari bahwa dunia itu perlu tetapi tidak berarti melupakan akhirat. Dalam
hal tersebut Pak Abdullah mengamalkan…
a. Mbnm
b. ;lkhjio
c. Jhui
23. Saat membaca QS. Al-Baqarah ayat 1 maka hukum bacaannya adalah Mad
lazim mukhaffaf harfi yang artinya apabila huruf Mad bertemu sukun yang
dibaca Idgham dalam huruf, dan panjang bacaanya 3 alif atau 6 harakat.
Slah satu cotoh dibawah ini yang termasuk dari bacaan Mad lazim mukhaffaf
harfi...
a.
ادْخُلُوا فِي السِّلْمِ كَافَّةً
b.
آتَاكَ اللَّهُ الدَّار
c.
لَا يَهْدِى الْقَوْمَ الظّٰلِمِيْنَ
d.
Salah semua
24. mad lazim
Mukhaffaf kilmi adalah
apabila mad bertemu sukun asli dalam satu kalimah, dan dibaca panjang 3
alif atau 6 harakat. Dari potongan ayat berikut, yang termasuk mengandung
hukum bacaan mad lazim Mukhaffaf kilmi adalah …
a.
مِنْ دَآبَّةٍ
b.
أَثُمَّ
إِذَا مَا وَقَعَ آمَنْتُمْ بِهِ آلآنَ وَقَدْ كُنْتُمْ بِهِ
c.
ادْخُلُوا
فِي السِّلْمِ كَافَّةً
d.
آلْآنَ وَقَدْ عَصَيْتَ قَبْلُ وَكُنْتَ مِنَ الْمُفْسِدِينَ
25. فَإِذَا جَاءَتِ الطَّامَّةُ الْكُبْرَى pada lafal الطَّامَّةُ cara membacanya adalah dengan
diberatkan dan dimasukkan pada huruf berikutnya, karena merupakan bacaan …
a.
Mad lazim mukhaffaf lazim
b.
Mad lazim mutsaqqal kilmi
c.
Mad lazim mutsaqqal harfi
d.
Mad lazim mukhaffaf kilmi
26. QS. Al Muthaffifin termasuk surat makkiyah, Lafal وَيۡلٌ لِّلۡمُطَفِّفِيۡنَ ada yang
mengartikan berlaku curang. Azbabub Nuzul pada surah ini adalah...
a.
Berkaitan dengan kecurangan yang
dilakukan orang Madinah
b.
Secara bahasa al Muthaffifin artinya
curang
c.
Celakanya orang yang curang
d. Larangan
tidak jujur dalam muamalah
27. Mencari
nafkah dengan berdagang secara jujur merupakan suatu kewajiban dan berarti
sudah memanfaatkan rezeki dari Allah, sedangkan hukum melakukan kejujuran
termasuk......
a.
Fardhu kifayah
b.
Mubah
c.
Fardhu Ain
d. Sunah Muakad
28. Zahra
berdiskusi dengan temannya tentang orang-orang yang curang dan durhaka. Ia lalu
membuka dan membaca QS. Al-Muthaffifin. Saat sampai pada ayat كِتَبٌ
مَرْقُوْم kemudian ia
bertanya kepada temannya. Arti dari ayat tersebut adalah...
a.
Buku catatan timbangan
b.
Buku catatan amal
c.
Buku yang disembunyikan
d.
Buku yang terlindungi
29. Perhatikan pernyataan berikut!
(1) Ancaman bagi orang yang berlaku curang
(2) Larangan barkata bohong
(3) Peringatan keras untuk menyempurnakan takaran dan timbangan
(4) Perintah untuk menghormati pedagang
Pernyataan di atas yang merupakan isi kandungan hadis jujur
dalam muamalah riwayat Baihaqi dari Ibnu Abbas Ra adalah...
a.
(1)
b.
(2)
c.
(3)
d.
(4)
30. Amira
dan Raisa belajar menghafal sebuah hadis tentang jujur riwayat Baihaqi dari
Ibnu Abbas Ra., mereka bergantian membaca dan mengartikan hadis tersebut. Raisa
mengartikan lafadz الْمِكْيَالَ
وَالْمِيْزَانَ sebagai...
a. Sungguh
kalian akan menguasai
b. Urusan
yang menghancurkan
c. Takaran
dan timbangan
d. Umat
terdahulu
31. Dalam hadis jujur dalam muamalah riwayat Tirmidzi dari Hasan bin
Ali Ra yang berbunyi, دَعْ
مَا يَرِيبُكَ إِلَى مَا لاَ يَرِيبُكَ “tinggalkan apa yang meragukanmu dan kerjakan apa
yang tidak meragukanmu.”
Isi pesan penting pada potongan hadis tersebut adalah...
a. Meninggalkan
jual beli
b. Meninggalkan
hal-hal yang menimbulkan keraguan
c. Menyempurnakan
takaran dan timbangan
a. Meninggalkan
hal-hal yang menjadikan ketenangan
32. Salman
sedang membaca QS. Hud: 41, ketika sampai pada lafalبِسْمِ اللهِ
مَجْرَىهَا وَمُرْسَاهَا Bacaan gharib yang tepat pada
potongan ayat tersebut adalah ...
a.
Isymam
b.
Mad dan Qashr
c.
Tas-hil
d.
Imalah
33. Ahmad sedang
membaca al-Qur’an yang disimak oleh gurunya. Ketika membaca QS. Al-Hujurat: 11,
pada lafal بِئْسَ الاسْمُ الْفُسُوقُ dibaca Naql, secara bahasa Naql artinya….
a.
Memiringkan
b.
Menggabungkan
c.
Meringankan
d.
Memindahkan
34. Perhatikan
lafal-lafal di bawah ini!
|
No |
Lafal |
|
1 |
لَا تَاءْ
مَنًا |
|
2 |
مَجْرَىهَا
وَمُرْسَاهَا |
|
3 |
ءَاَعْجَمِي
و عربي |
|
4 |
وَلَا
الضَالًيْنَ |
Diantara
lafal-lafal tersebut terdapat hukum bacaan gharib dalam Isymam
adalah nomor...
a.
1
b.
2
c.
3
d.
4
35. Perhatikan surah ‘Abasa: 1-4 berikut!
|
No |
Ayat |
Arti |
|
1 |
عَبَسَ وَتَوَلَّى |
|
|
2 |
أَنْ جَاءَهُ الأعْمَى |
karena seorang buta telah datang kepadanya (Abdullah bin Ummi
Maktum). |
|
3 |
وَمَا يُدْرِيكَ لَعَلَّهُ
يَزَّكَّى |
tahukah
kamu barangkali ia ingin membersihkan dirinya (dari dosa) |
|
4 |
أَوْ يَذَّكَّرُ فَتَنْفَعَهُ
الذِّكْرَى |
atau dia
(ingin) mendapatkan pengajaran lalu pengajaran itu memberi manfaat kepadanya |
Arti
dari ayat yang tepat pada tabel no satu di atas adalah….
a. Dia
(Muhammad) bermuka masam dan berpaling
b.
Maka
engkau (Muhammad) memberi perhatian kepadanya,
c.
Sedang
dia takut (kepada Allah),
d. Celakalah
bagi orang yang bermuka masam
36. Farah dan Nayra adalah dua sahabat yang saling mensupport setiap
kegiatan yang positif,
terutama saat belajar. Suatu saat mereka menghafalkan QS. ‘Abasa: 1-10, ketika Farah membaca ayat أَوْ يَذَّكَّرُ فَتَنْفَعَهُ
الذِّكْرَى Adapun arti dari ayat tersebut adalah...
a.
maka
engkau (Muhammad) memberi perhatian kepadanya,
b.
Adapun
orang yang merasa dirinya serba cukup (pembesar-pembesar Quraiys
c.
atau
dia (ingin) mendapatkan pengajaran, yang memberi manfaat kepadanya
d.
karena
seorang buta telah datang kepadanya (Abdullah bin Ummi Maktum).
37. Berdasarkan makna surat Abasa ayat 1-10 tersebut,
kita dapat mengetahui bahwa Islam meletakkan kepentingan yang setara untuk
mendapatkan pendidikan bagi semua kalangan tanpa memandang status sosial. Diantara
kandungan QS. ‘Abasa: 1-10 sebagai berikut adalah...
a.
Orang yang
beriman dan berilmu akan ditinggikan deratanya
b.
Perintah untuk
melapangkan tempat bagi pencari ilmu
c.
Allah mengetahui
secara detail apa yang dilakukan manusia
d.
Perintah kepada
guru memberikan penghargaan dan pelayanan yang sama
38. Persamaan dalam Islam, baik orang tersebut
mempunyai kekurangan, bukan memprioritaskan keadaan sosial, yang kaya atau
fakir semuanya sama. Dalam hal pendidikan tanpa terkecuali semua berhak
mendapatkan pendidikan dan BERHAK menuntut ilmu demi masa depan yang cerah. Hal
ini sejalan dengan QS.
‘Abasa: 1-10 dan hadis Nabi yang di riwayatkan Muslim dari Abu Hurairah yang
berbunyi :
مَنْ سَلَكَ
طَرِيقًا يَلْتَمِسُ فِيهِ عِلْمًا سَهَّلَ اللَّهُ لَهُ طَرِيقًا إِلَى
الْجَنَّةِ
Artinya
: Barangsiapa berjalan di suatu jalan untuk mencari ilmu, niscaya
Allah akan memudahkan baginya jalan kesurga.
Adapaun kata yang bergaris bawah pada hadis diatas bermakna...
a.
Pendidikan
b.
Pengetahuan
c.
Kehidupan
d.
Kebutuhan
39. Huda
dan Luthfi belajar menghafal sebuah Hadis tentang keutamaan menuntut ilmu,
mereka bergantian membaca dan mengartikan Hadis tersebut. Saat sampai pada
lafadz
طَرِيقًا إِلَى الْجَنَّةِ
Huda
mengartikannya sebagai...
a. Barang
siapa menempuh suatu jalan
b. Jalan
menuju surga
c. maka
Allah akan memudahkan baginya
d. untuk
mendapatkan ilmu
40. Menuntut ilmu adalah kewajiban bagi seorang Muslim dan Muslimat,
dan akan diangkat derajatnya bagi orang yang berilmu. Dalam Hadis tentang
keutamaan menuntut ilmu riwayat Muslim dari Abu Hurairah, penghargaan
yang akan diterima si pencari ilmu adalah...
a. Rumah
yang sangat lapang
b. Dijaga
dan doakan seluruh malaikat
c. Dimudahkan
jalannya menuju ke surga
d. Masuk
surga tanpa hisab
Soal Essay
B. Jawablah pertanyaan di bawah
ini dengan benar dan tepat !
1. Allah
mengingatkan umat manusia untuk saling berbagi atas rahmat yang diberikannya.
Allah memberi dua mata, lidah, dan bibir agar senantiasa bersyukur kepadanya
dan menggunakannya pada perbuatan baik. Karena dunia adalah tempatnya manusia
bersusah payah. Dari pernyataan di atas, ini merupakan isi kandungan sura apa ?
2. Perhatikan
QS. Al-Insan (76): 1-3 di bawah ini
!
هَلْ أَتَىٰ عَلَى ٱلْإِنسَـٰنِ حِينٌۭ مِّنَ ٱلدَّهْرِ لَمْ يَكُن شَيْـًۭٔا مَّذْكُورًا
إِنَّا خَلَقْنَا ٱلْإِنسَـٰنَ مِن نُّطْفَةٍ أَمْشَاجٍۢ نَّبْتَلِيهِ فَجَعَلْنَـٰهُ سَمِيعًۢا بَصِيرًا
إِنَّا هَدَيْنَـٰهُ ٱلسَّبِيلَ إِمَّا شَاكِرًۭا وَإِمَّا كَفُورًا
Tulislah
hukum bacaan mad iwaḍ yang terdapat dalam ayat tersebut dan jelaskan alasannya!
3. Pak Karto salah satu pengusaha yang sukses. Ia memiliki banyak
perusahaan di daerahnya. Maka wajar jika ia memiliki rumah dan kendaraa mewah
serta tabungan milyaran rupiah. Tetapi Pak Karto tidak suka berbagi dengan
sesama. Saat meninggal dunia, seluruh kekayaannya dibagi habis kepada ahli
warisnya tanpa sedikitpun ia bawa mati. Bagaimana pendapatmu tentang gaya hidup
Pak Karto apabila dihubungkan dengan Hadist
Riwayat muslim tentang adanya hubungan dunia dan akhirat?
4.
Diantara isi hadis jujur dalam muamalah riwayat Tirmidzi dari Hasan bin Ali
Ra. disebutkan bahwa Nabi Saw.. memerintahkan menjauhi hal-hal yang membuat keraguan.
Identifikasilah hal-hal yang membuat keraguan tersebut dan bagaimana usaha
kita untuk menghindarinya!
5.
Dalam QS. ‘Abasa: 1-10 kita
mendapati beberapa hal tentang akhlak seorang guru dan juga murid. Bagaimana
seharusnya akhlak seorang guru terhadap murid dan juga akhlak murid terhadap
gurunya sebagaimana yang telah dijelaskan dalam ayat-ayat tersebut!
Komentar
Posting Komentar