Soal UM QURDIS MTS


SOAL
UJIAN MADRASAH (UM)

Berilah tanda silang ( x ) pada jawaban yang benar !

1.  Kitab suci Al-qur'an di turunkan kepada Nabi Muhammad SAW yang ditulis dengan huruf Arab dan dalam bentuk…

A. pelajaran                   C. perbuatan

B. kitab                          D. ucapan

2.  Memiliki kemauan yang sungguh-sungguh untuk dapat memahami isi Al-Qur'an dan hadist secara  benar merupakan salah satu bukti… mencintai Al-qur'an dan hadist

A. bentuk                      C. manfaat

B. perilaku                     D. pengertian

3. Al-Qur'an memerintahkan kita untuk bertakwa kepada Allah SWT. Hal ini menunjukkan bahwa fungsi hadis sebagai…

A. penafsir ayat

B. pembatas keumuman

C. pengukuhan hukum

D. penetapan hukum

4. Isi kandungan surat ali Imron ayat 190 adalah…

A. tanda-tanda kehancuran bumi beserta isinya

B. tanda-tanda kebesaran Allah

C. tanda-tanda kiamat

D. tanda-tanda akhir jaman

5. Janji Allah SWT dan Rosulnya bagi orang yang dermawan terdapat pada surat…

A. al lail ayat 1-7           C. adh dhuha ayat 1-4

B. al a'la ayat 1-3           D. asy syamsu ayat 1-7

6. Jika ada seseorang yang membutuhkan sesuatu yang sangat mendesak untuk kepentingan pribadi.orang     ini meminta kepada orang-orang yang memiliki harta namun dia tak di hiraukan dengan kepentingannya. Dan ini termasuk perilaku sifat kikir.Menurut anda, sifat kikir termasuk…

A. yang di benci Allah  

B. yang di sukai Allah

C. cepat kaya

D. yang disukai masyarakat

7. Si A dan Si B hidup serumah dalam sebuah gubuk. Si A orangnya baik dan selalu membantu orang yang membutuhkannya. Semua orang-orang yang sekitarnya rumah menberi julukan Sipenolong. Dari ilustrasi kita dapat menyimpulkan dia orang yang dermawan.

Sifat dermawan yang dimilikinya sangat

A. sangat disukai Allah

B. dibenci Allah

C. cepat miskin

D. bukan jaminan jadi kaya

8. Pak Yusuf sebagai warga anggota masyarakat yang baik selalu membayar pajak dengan tepat waktu, pak Yusuf berarti memfungsikan Al-qur'an dan hadis dalam kehidupan…

A. pribadi                      C. keluarga

B. masyarakat                D. negara

9. Bu Azizah senantiasa menaati perintah dan saran-saran

suami sebagai pemimpin rumah tangga selama

dalam kebenaran, Bu Azizah berarti memfungsikan Al-Qur'an dan hadis dalam kehidupan…

A. pribadi                      C. keluarga

B. masyarakat                D. negara

10. Perintah untuk membersihkan jiwanya supaya mendapatkan keberuntungan di dunia dan akhirat. Dan Allah SWT akan memberi azab pada siapa saja yang mengotori jiwanya seperti kaum Tsamud. Ilustrasi ini dijelaskan tentang Allah telah menghancurkan kaum Tsamud akibat kedurhakaan mereka.menurut anda, ilustrasi ini terdapat pada sura tapa ?

A. asy syamsu : 1-7       C. al Falaq : 1-4

B. at tiin : 1-4                D. an naas :1-4

 

Ayat Al-Quran

Hukum Bacaan

1

لَقَدْ خَلَقْنَا الْإِنْسٰنَ فِىٓ أَحْسَنِ تَقْوِيْمٍ

A

Mad Iwadh

2

فَلْيَعْبُدُوْا رَبَّ هٰذَا الْبَيْتِۙ

B

Mad Layyin

3

فَوَسَطْنَ بِهٖ جَمْعًاۙ

C

Mad Aridh Lissukun

11.  Cermati ayat-ayat berikut !

Pasangan yang tepat untuk ayat al-quran dan hukum bacaannya adalah…

a.       1-A, 2-B, 3-C

b.      1-A, 2-C, 3-B

c.       1-B, 2-C, 3-A

d.      1-C, 2-B, 3-A

 

12.  Perhatikan Pernyataan Berikut !
Pada saat pelajaran Qur’an Hadist, Dani diminta oleh guru membacakan surat Quraiys dengan fasih dan tartil, saat melafalkan :

الَّذِىٓ أَطْعَمَهُمْ مِّنْ جُوْعٍ وَءَامَنَهُمْ مِّنْ خَوْفٍ

Pada akhir ayat tersebut ia panjankan karena terdapat waw sukun ( وْ ) yang didahului huruf berharakat fathah dan setelahnya dan selanjutnya terdapat huruf hidup yang diwaqafkan. Hal tersebut ia lakukan karena pada ayat tersebut terdapat hukum bacaan ….

a.       Mad ‘Iwad

b.      Mad Layyin

c.       Mad Tamkin

d.      Mad ‘aridh lissukun

 

13.  Dalam Q.S al-Baqarah ayat 261 Allah Berfirman yang terjemahannya “Perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah melipatgandakan bagi siapa yang Dia kehendaki, dan Allah Mahaluas, Maha Mengetahui”. Lafal ayat yang artinya “seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai” adalah:

 

A.    مَثَلُ الَّذِيْنَ يُنْفِقُوْنَ اَمْوَالَهُمْ فِيْ

 

B.     وَاللّٰهُ يُضٰعِفُ لِمَنْ يَّشَاۤءُ

 

C.     وَاللّٰهُ وَاسِعٌ عَلِيْمٌ

 

D.    كَمَثَلِ حَبَّةٍ اَنْۢبَتَتْ سَبْعَ سَنَابِلَ

 

 

14.  Perhatikan QS.  Al-Fajr Ayat 15-18 berikut ini!

 

كَلَّا بَلْ لَا تُكْرِمُونَ الْيَتِيمَ  

Makna yang terdapat dalam kandungan ayat di atas adalah …

a.       kecenderungan manusia merasa mulia dengan rezeki yang diberikan Allah Swt, padahal tidaklah demikian, sesungguhnya harta itu hanyalah ujian dan cobaan bagi mereka

b.      mengisyaratkan agar manusia memuliakan dan menyayangi anak yatim. Memperlakukan mereka dengan baik

c.       memperingatkan agar manusia saling menyeru, saling mengingatkan untuk menyeru memberi makan orang miskin. Orang-orang yang tidak menyantuni anak yatim dan tidak menyeru memberi makan orang miskin termasuk pendusta agama.

d.      Betapa mulianya orang-orang yang menyayangi anak yatim. Kelak Mereka akan berdampingan bersama Rasulullah Saw

 

15.  Perhatikan ayat di bawah ini !

عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَمَا مِنْ يَوْمٍ يُصْبِحُ الْعِبَادُ فِيْهِ إِلاَّ مَلَكَانِ يَنْزِلاَنِ فَيَقُوْلُ أَحَدُهُمَا: اَللَّهُمَّ أَعْطِ مُنْفِقًا خَلَفًا. وَيَقُوْلُ اْلآخَرُ: اَللَّهُمَّ أَعْطِ مُمْسِكًا تَلَفًا (متفق عليه)

Hadist di atas merupakan hadis Riwayat Bukhari Muslim dari Abu Hurairah yang sebagian memiliki arti “Malaikat mendo‘akan orang-orang yang menahan hartanya dengan do‘a…..

a.       فِيْهِ إِلاَّ مَلَكَانِ يَنْزِلاَنِ فَيَقُوْلُ أَحَدُهُمَا:

b.      اَللَّهُمَّ أَعْطِ مُمْسِكًا تَلَفًا 

c.       اَللَّهُمَّ أَعْطِ مُنْفِقًا خَلَفًا

d.      مَا مِنْ يَوْمٍ يُصْبِحُ الْعِبَادُ فِيْهِ

 

16.  Perhatikan hadis berikut!

1

2

3

4

5

مَا مِنْ يَوْمٍ

إِلاَّ مَلَكَانِ

يُصْبِحُ

الْعِبَادُ فِيْهِ

يَنْزِلاَنِ

 

Urutan yang benar dari bacaan di atas adalah ….

a.         1, 2, 3, 4, 5

b.         1, 3, 4, 2, 5

c.         1, 3, 4, 5, 2

d.         1, 3, 2, 5, 4

 

 

 

17.  Perhatikan ayat berikut!

لَا تَأْخُذُهُۥ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ ۚ لَّهُۥ مَا فِى ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَمَا فِى ٱلْأَرْضِ

Hukum bacaan yang terdapat dalam ayat tersebut adalah….

a.       Mad Ṣilah Qaṣirah – Mad Ṣilah Ṭawilah

b.      Mad Ṣilah Ṭawilah– Mad Ṣilah Qaṣirah

c.       Mad Tamkin – Mad Ṣilah Qaṣirah

d.      Mad Ṣilah Ṭawilah– Mad Farqi

 

18.  Kholilah adalah siswi yang pandai membaca al-Qur‘an . Ketika menemukan lafal yang terdapat dua ya dalam satu kalimat, ya pertama bertasydid, ya ke dua sukun, ia pun menekan dan memanjangkan bacaannya dua harakat. Hukum bacaan yang dibaca Kholilah adalah….

a.       Mad Ṣilah

b.      Mad Badal

c.       Mad tamkin

d.      Mad farqi

 

19.  Perhatikan kalimat-kalimat berikut!

1

2

3

4

5

قُلْ آٰللهُ

مِنَ ٱلْجِنَّةِ

قُلْ ءَٓالذَّكَرَيْنِ

فِى صُدُورِ ٱلنَّا

قُلْ أَعُوذُ

 

Yang termasuk hukum bacaan Mad Farqi adalah ….

a.       1, 3, 2

b.      1, 3, 5

c.       2, 4, 5

d.      4, 2, 3

 

20.  Perhatikan bagian QS. Al-Qaṣaṣ (28): 77 berikut!

وَابْتَغِ فِيمَا آتَاكَ اللَّهُ الدَّارَ الْآخِرَةَ ۖ وَلَا تَنْسَ نَصِيبَكَ مِنَ الدُّنْيَا ۖ

Ayat di atas menjelaskan tentang….

a.       Kehidupan akhirat lebih utama

b.      Kehidupan dunia lebih utama

c.       Kehidupan dunia harus dicari

d.      Keseimbangan dunia dan akhirat

 

21.  Ibu Aminah selalu membantu fakir miskin di sekitar rumahnya. Ia menginfakann hartanya untuk membantu mereka sesuai kemampuannya. Ibu Aminah mengamalkan ayat….

a.       وَابْتَغِ فِيْمَآ اٰتٰىكَ اللّٰهُ الدَّارَ الْاٰخِرَةَ

b.      وَلَا تَنْسَ نَصِيْبَكَ مِنَ الدُّنْيَا

c.       وَاَحْسِنْ كَمَآ اَحْسَنَ اللّٰهُ اِلَيْكَ

d.      وَلَا تَبْغِ الْفَسَادَ فِى الْاَرْضِ

 

22.  Pak Abdullah tak pernah ketinggalan slat berjama‘ah. Ketika waktu salat tiba, ia meninggalkan seluruh kesibukannya. Ia menyadari bahwa dunia itu perlu tetapi tidak berarti melupakan akhirat. Dalam hal tersebut Pak Abdullah mengamalkan…

a.        Mbnm

b.      ;lkhjio

c.       Jhui

23.  Saat membaca QS. Al-Baqarah ayat 1 maka hukum bacaannya adalah Mad lazim mukhaffaf harfi yang artinya apabila huruf Mad bertemu sukun yang dibaca Idgham dalam huruf, dan panjang bacaanya 3 alif atau 6 harakat. Slah satu cotoh dibawah ini yang termasuk dari bacaan Mad lazim mukhaffaf harfi...

a.       ادْخُلُوا فِي السِّلْمِ كَافَّةً

b.      آتَاكَ اللَّهُ الدَّار

c.       لَا يَهْدِى الْقَوْمَ الظّٰلِمِيْنَ

d.      Salah semua

24.  mad lazim Mukhaffaf kilmi adalah apabila mad bertemu sukun asli dalam satu kalimah, dan dibaca panjang 3 alif atau 6 harakat. Dari potongan ayat berikut, yang termasuk mengandung hukum bacaan  mad lazim Mukhaffaf kilmi adalah …

a.       مِنْ دَآبَّةٍ

b.      أَثُمَّ إِذَا مَا وَقَعَ آمَنْتُمْ بِهِ آلآنَ وَقَدْ كُنْتُمْ بِهِ

c.       ادْخُلُوا فِي السِّلْمِ كَافَّةً 

d.      آلْآنَ وَقَدْ عَصَيْتَ قَبْلُ وَكُنْتَ مِنَ الْمُفْسِدِينَ          

25.  فَإِذَا جَاءَتِ الطَّامَّةُ الْكُبْرَى pada lafal الطَّامَّةُ   cara membacanya adalah dengan diberatkan dan dimasukkan pada huruf berikutnya, karena merupakan bacaan …

a.       Mad lazim mukhaffaf lazim                       

b.      Mad lazim mutsaqqal kilmi                      

c.       Mad lazim mutsaqqal harfi

d.      Mad lazim mukhaffaf  kilmi

 

26.  QS. Al Muthaffifin termasuk surat makkiyah, Lafal وَيۡلٌ لِّلۡمُطَفِّفِيۡنَ ada yang mengartikan berlaku curang. Azbabub Nuzul pada surah ini adalah...

a.       Berkaitan dengan kecurangan yang dilakukan orang Madinah  

b.      Secara bahasa al Muthaffifin artinya curang

c.       Celakanya orang yang curang

d.      Larangan tidak jujur dalam muamalah

27.  Mencari nafkah dengan berdagang secara jujur merupakan suatu kewajiban dan berarti sudah memanfaatkan rezeki dari Allah, sedangkan hukum melakukan kejujuran termasuk......

a.       Fardhu kifayah

b.      Mubah      

c.       Fardhu Ain

d.      Sunah Muakad

28.  Zahra berdiskusi dengan temannya tentang orang-orang yang curang dan durhaka. Ia lalu membuka dan membaca QS. Al-Muthaffifin. Saat sampai pada ayat كِتَبٌ مَرْقُوْم kemudian ia bertanya kepada temannya. Arti dari ayat tersebut adalah...

a.       Buku catatan timbangan

b.      Buku catatan amal

c.       Buku yang disembunyikan

d.      Buku yang terlindungi

 

29.  Perhatikan pernyataan berikut!

(1) Ancaman bagi orang yang berlaku curang 

(2) Larangan barkata bohong 

(3) Peringatan keras untuk menyempurnakan takaran dan timbangan 

(4) Perintah untuk menghormati pedagang

Pernyataan di atas yang merupakan isi kandungan hadis jujur dalam muamalah riwayat Baihaqi dari Ibnu Abbas Ra adalah...

a.       (1)

b.      (2)

c.       (3)

d.      (4)

30.  Amira dan Raisa belajar menghafal sebuah hadis tentang jujur riwayat Baihaqi dari Ibnu Abbas Ra., mereka bergantian membaca dan mengartikan hadis tersebut. Raisa mengartikan lafadz الْمِكْيَالَ وَالْمِيْزَانَ sebagai...

a.       Sungguh kalian akan menguasai

b.      Urusan yang menghancurkan

c.       Takaran dan timbangan

d.      Umat terdahulu

31.  Dalam hadis jujur dalam muamalah riwayat Tirmidzi dari Hasan bin Ali Ra yang berbunyi, دَعْ مَا يَرِيبُكَ إِلَى مَا لاَ يَرِيبُكَ “tinggalkan apa yang meragukanmu dan kerjakan apa yang tidak meragukanmu.” Isi pesan penting pada potongan hadis tersebut adalah...

a.       Meninggalkan jual beli

b.      Meninggalkan hal-hal yang menimbulkan keraguan

c.       Menyempurnakan takaran dan timbangan

a.       Meninggalkan hal-hal yang menjadikan ketenangan

 

32.  Salman sedang membaca QS. Hud: 41, ketika sampai pada lafalبِسْمِ اللهِ مَجْرَىهَا وَمُرْسَاهَا Bacaan gharib yang tepat pada potongan ayat tersebut adalah  ...

a.       Isymam

b.      Mad dan Qashr

c.       Tas-hil

d.      Imalah

 

33.  Ahmad sedang membaca al-Qur’an yang disimak oleh gurunya. Ketika membaca QS. Al-Hujurat: 11, pada lafal بِئْسَ الاسْمُ الْفُسُوقُ dibaca Naql, secara bahasa Naql artinya….

a.       Memiringkan

b.      Menggabungkan

c.       Meringankan

d.      Memindahkan

 

34.  Perhatikan lafal-lafal di bawah ini!

No

Lafal

1

لَا تَاءْ مَنًا

2

مَجْرَىهَا وَمُرْسَاهَا

3

ءَاَعْجَمِي و عربي

4

وَلَا الضَالًيْنَ

 

 

 

 

 

 

 

Diantara lafal-lafal tersebut terdapat hukum bacaan gharib dalam Isymam adalah nomor...

a.       1

b.      2

c.       3

d.      4

 

35.  Perhatikan surah ‘Abasa: 1-4 berikut!

No

Ayat

Arti

1

عَبَسَ وَتَوَلَّى

2

أَنْ جَاءَهُ الأعْمَى

karena seorang buta telah datang kepadanya (Abdullah bin Ummi Maktum).

3

وَمَا يُدْرِيكَ لَعَلَّهُ يَزَّكَّى

tahukah kamu barangkali ia ingin membersihkan dirinya (dari dosa)

4

أَوْ يَذَّكَّرُ فَتَنْفَعَهُ الذِّكْرَى

atau dia (ingin) mendapatkan pengajaran lalu pengajaran itu memberi manfaat kepadanya

Arti  dari ayat yang tepat pada tabel no satu di atas adalah….

a.  Dia (Muhammad) bermuka masam dan  berpaling

b. Maka engkau (Muhammad) memberi perhatian kepadanya,

c.  Sedang dia takut (kepada Allah),

d. Celakalah bagi orang yang bermuka masam

36.  Farah dan Nayra adalah dua sahabat yang saling mensupport setiap kegiatan yang positif, terutama saat belajar. Suatu saat mereka menghafalkan QS. ‘Abasa: 1-10, ketika Farah membaca ayat أَوْ يَذَّكَّرُ فَتَنْفَعَهُ الذِّكْرَى Adapun arti dari ayat tersebut adalah...

 

a.       maka engkau (Muhammad) memberi perhatian kepadanya,

b.      Adapun orang yang merasa dirinya serba cukup (pembesar-pembesar Quraiys

c.       atau dia (ingin) mendapatkan pengajaran, yang memberi manfaat kepadanya

d.      karena seorang buta telah datang kepadanya (Abdullah bin Ummi Maktum).

37.  Berdasarkan makna surat Abasa ayat 1-10 tersebut, kita dapat mengetahui bahwa Islam meletakkan kepentingan yang setara untuk mendapatkan pendidikan bagi semua kalangan tanpa memandang status sosial. Diantara kandungan QS. ‘Abasa: 1-10 sebagai berikut adalah...

a.       Orang yang beriman dan berilmu akan ditinggikan deratanya

b.      Perintah untuk melapangkan tempat bagi pencari ilmu

c.       Allah mengetahui secara detail apa yang dilakukan manusia

d.      Perintah kepada guru memberikan penghargaan dan pelayanan yang sama

 

38.  Persamaan dalam Islam, baik orang tersebut mempunyai kekurangan, bukan memprioritaskan keadaan sosial, yang kaya atau fakir semuanya sama. Dalam hal pendidikan tanpa terkecuali semua berhak mendapatkan pendidikan dan BERHAK menuntut ilmu demi masa depan yang cerah. Hal ini sejalan dengan QS. ‘Abasa: 1-10 dan hadis Nabi yang di riwayatkan Muslim dari Abu Hurairah yang berbunyi :

 مَنْ سَلَكَ طَرِيقًا يَلْتَمِسُ فِيهِ عِلْمًا سَهَّلَ اللَّهُ لَهُ طَرِيقًا إِلَى الْجَنَّةِ

Artinya : Barangsiapa berjalan di suatu jalan untuk mencari ilmu, niscaya Allah akan memudahkan baginya jalan kesurga.

Adapaun kata yang bergaris bawah pada hadis diatas bermakna...

a.       Pendidikan

b.      Pengetahuan

c.       Kehidupan

d.      Kebutuhan

39.  Huda dan Luthfi belajar menghafal sebuah Hadis tentang keutamaan menuntut ilmu, mereka bergantian membaca dan mengartikan Hadis tersebut. Saat sampai pada lafadz

 

طَرِيقًا إِلَى الْجَنَّةِ

Huda mengartikannya sebagai...

a.       Barang siapa menempuh suatu jalan

b.      Jalan menuju surga

c.       maka Allah akan memudahkan baginya

d.      untuk mendapatkan ilmu

 

40.  Menuntut ilmu adalah kewajiban bagi seorang Muslim dan Muslimat, dan akan diangkat derajatnya bagi orang yang berilmu. Dalam Hadis tentang keutamaan menuntut ilmu riwayat Muslim dari Abu Hurairah, penghargaan yang akan diterima si pencari ilmu adalah...

a.       Rumah yang sangat lapang

b.      Dijaga dan doakan seluruh malaikat

c.       Dimudahkan jalannya menuju ke surga

d.      Masuk surga tanpa hisab



Soal Essay

 

B. Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar dan tepat !

1.  Allah mengingatkan umat manusia untuk saling berbagi atas rahmat yang diberikannya. Allah memberi dua mata, lidah, dan bibir agar senantiasa bersyukur kepadanya dan menggunakannya pada perbuatan baik. Karena dunia adalah tempatnya manusia bersusah payah. Dari pernyataan di atas, ini merupakan isi kandungan sura apa ?

 

2. Perhatikan QS. Al-Insan (76): 1-3  di bawah ini !  

 

هَلْ أَتَىٰ عَلَى ٱلْإِنسَـٰنِ حِينٌۭ مِّنَ ٱلدَّهْرِ لَمْ يَكُن شَيْـًۭٔا مَّذْكُورًا

إِنَّا خَلَقْنَا ٱلْإِنسَـٰنَ مِن نُّطْفَةٍ أَمْشَاجٍۢ نَّبْتَلِيهِ فَجَعَلْنَـٰهُ سَمِيعًۢا بَصِيرًا

إِنَّا هَدَيْنَـٰهُ ٱلسَّبِيلَ إِمَّا شَاكِرًۭا وَإِمَّا كَفُورًا

Tulislah hukum bacaan mad iwaḍ yang terdapat dalam ayat tersebut dan jelaskan alasannya!

 

3.      Pak Karto salah satu pengusaha yang sukses. Ia memiliki banyak perusahaan di daerahnya. Maka wajar jika ia memiliki rumah dan kendaraa mewah serta tabungan milyaran rupiah. Tetapi Pak Karto tidak suka berbagi dengan sesama. Saat meninggal dunia, seluruh kekayaannya dibagi habis kepada ahli warisnya tanpa sedikitpun ia bawa mati. Bagaimana pendapatmu tentang gaya hidup Pak Karto apabila dihubungkan dengan Hadist Riwayat muslim tentang adanya hubungan dunia dan akhirat?

 

 

4. Diantara isi hadis jujur dalam muamalah riwayat Tirmidzi dari Hasan bin Ali Ra. disebutkan bahwa Nabi Saw.. memerintahkan menjauhi hal-hal yang membuat keraguan. Identifikasilah hal-hal yang membuat keraguan tersebut dan bagaimana usaha kita untuk menghindarinya!

 

5.      Dalam QS. Abasa: 1-10 kita mendapati beberapa hal tentang akhlak seorang guru dan juga murid. Bagaimana seharusnya akhlak seorang guru terhadap murid dan juga akhlak murid terhadap gurunya sebagaimana yang telah dijelaskan dalam ayat-ayat tersebut!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SOAL ASESMEN BAHASA INDONESIA MTS KLS 9

ASASMEN BAHASA INGGRIS

ASASMEN BAHASA ARAB MTS