ASESMEN AL-QUR'AN HADIS

 

SOAL ASESEMEN MADRASAH AL-QUR’AN HADIS

 A.    PILIHAN GANDA

Pilihlah jawaban yang benar dengan memberikan tanda silang (X) pada huruf A, B, C, atau D pada soal dibawah ini!

 

1.   Perhatikan pernyataan berikut!

(1) Mengingatkan anggota keluarga yang melakukan kesalahan

(2) Tidak segan menolong tetangga kita yang sedang kesulitan

(3) Menghormati warga sekitar meski berbeda agama

(4) Tertib dalam melaksanakan kewajiban pribadi

 

Dari hal-hal di atas yang termasuk pengamalan al-Qur‟an dalam kehidupan bermasyarakat dapat ditunjukkan dengan pernyataan nomor…

a. (1) dan (2)

b. (2) dan (3)

c. (3) dan (4)

d. (4) dan (1)

 

2.      Perhatikan ayat berikut!

 

وَالنَّهَارِ اِذَا جَلّٰٮهَا

Terjemah yang tepat dari ayat tersebut adalah ...

a. dan bulan apabila mengiringinya

b. dan siang apabila menampakkannya

c. dan malam apabila menutupinya,

d. dan langit serta pembinaannya

3.      Perhatikan ayat berikut!

a. sesungguhnya rahmat-ku lebih mengalahkan kecintaan-ku

b. sesungguhnya di langit dan bumi penuh dengan rahmat-ku

c. sesunguhnya rahmat-ku tidak sebanding dengan kemurkaan-ku

d. Sesungguhnya rahmat-Ku lebih mengalahkan kemurkaan-Ku

4.         Perhatikan ayat berikut!

a. langit dan pembangunannya, peninggiannya yang demikian hebat yang amat sempurna indah

b. yakni allah swt. membentangkan langit dan memperluasnya

c. ketika nampak jelas dengan cahayanya dan sinarnya dan menyingkap kegelapan.

d. yaitu, ketika matahari tenggelam, bulan muncul

5.         Perhatikan ayat berikut!

 

 

a. orang-orang yang selalu memikirkan allah swt

b. golongan yang menggunakan akal sehatnya untuk mencermati allah swt

c. orang-orang yang memikirkan ciptaan allah swt.

d. orang yang senantiasa memanfaatkan semua ciptaan Allah Swt.

6.      Perhatikan hadis berikut!

a. tidaklah sedekah itu mengurangi harta,

b. tidaklah allah swt. menambah bagi seorang hamba

c. tidak pemberian maaf (kepada saudaranya,)

d. Dia akan meninggikan (derajat)nya

7.     Cermati ayat-ayat berikut !

Ayat Al-Quran

Hukum Bacaan

1

لَقَدْ خَلَقْنَا الْإِنْسٰنَ فِىٓ أَحْسَنِ تَقْوِيْمٍ

A

Mad Iwadh

2

فَلْيَعْبُدُوْا رَبَّ هٰذَا الْبَيْتِۙ

B

Mad Layyin

3

فَوَسَطْنَ بِهٖ جَمْعًاۙ

C

Mad Aridh Lissukun

 

 

 

 

 

 

 

Pasangan yang tepat untuk ayat al-quran dan hukum bacaannya adalah…

a.     1-A, 2-B, 3-C

b.     1-A, 2-C, 3-B

c.     1-B, 2-C, 3-A

d.     1-C, 2-B, 3-A

 

8.     Perhatikan Pernyataan Berikut !
Pada saat pelajaran Qur’an Hadist, Dani diminta oleh guru membacakan surat Quraiys dengan fasih dan tartil, saat melafalkan :

الَّذِىٓ أَطْعَمَهُمْ مِّنْ جُوْعٍ وَءَامَنَهُمْ مِّنْ خَوْفٍ

Pada akhir ayat tersebut ia panjankan karena terdapat waw sukun ( وْ ) yang didahului huruf berharakat fathah dan setelahnya dan selanjutnya terdapat huruf hidup yang diwaqafkan. Hal tersebut ia lakukan karena pada ayat tersebut terdapat hukum bacaan ….

a.     Mad ‘Iwad

b.     Mad Layyin

c.     Mad Tamkin

d.     Mad ‘aridh lissukun

9.     Dalam Q.S al-Baqarah ayat 261 Allah Berfirman yang terjemahannya “Perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah melipatgandakan bagi siapa yang Dia kehendaki, dan Allah Mahaluas, Maha Mengetahui”. Lafal ayat yang artinya “seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai” adalah:

مَثَلُ الَّذِيْنَ يُنْفِقُوْنَ اَمْوَالَهُمْ فِيْa.

وَاللّٰهُ يُضٰعِفُ لِمَنْ يَّشَاۤءُb.

وَاللّٰهُ وَاسِعٌ عَلِيْمٌc.

كَمَثَلِ حَبَّةٍ اَنْۢبَتَتْ سَبْعَ سَنَابِلَd.

10.  Perhatikan QS.  Al-Fajr Ayat 15-18 berikut ini!

كَلَّا بَلْ لَا تُكْرِمُونَ الْيَتِيمَ  

Makna yang terdapat dalam kandungan ayat di atas adalah …

a.     kecenderungan manusia merasa mulia dengan rezeki yang diberikan Allah Swt, padahal tidaklah demikian, sesungguhnya harta itu hanyalah ujian dan cobaan bagi mereka

b.     mengisyaratkan agar manusia memuliakan dan menyayangi anak yatim. Memperlakukan mereka dengan baik

c.     memperingatkan agar manusia saling menyeru, saling mengingatkan untuk menyeru memberi makan orang miskin. Orang-orang yang tidak menyantuni anak yatim dan tidak menyeru memberi makan orang miskin termasuk pendusta agama.

d.     Betapa mulianya orang-orang yang menyayangi anak yatim. Kelak Mereka akan berdampingan bersama Rasulullah Saw

 

11.    Perhatikan Hadis di bawah ini !

عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَمَا مِنْ يَوْمٍ يُصْبِحُ الْعِبَادُ فِيْهِ إِلاَّ مَلَكَانِ يَنْزِلاَنِ فَيَقُوْلُ أَحَدُهُمَا: اَللَّهُمَّ أَعْطِ مُنْفِقًا خَلَفًا. وَيَقُوْلُ اْلآخَرُ: اَللَّهُمَّ أَعْطِ مُمْسِكًا تَلَفًا )متفق عليه(

Hadist di atas merupakan hadis Riwayat Bukhari Muslim dari Abu Hurairah yang sebagian memiliki arti “Malaikat mendo‘akan orang-orang yang menahan hartanya dengan do‘a…..

a.     فِيْهِ إِلاَّ مَلَكَانِ يَنْزِلاَنِ فَيَقُوْلُ أَحَدُهُمَا:

b.     اَللَّهُمَّ أَعْطِ مُمْسِكًا تَلَفًا 

c.     اَللَّهُمَّ أَعْطِ مُنْفِقًا خَلَفًا

d.     مَا مِنْ يَوْمٍ يُصْبِحُ الْعِبَادُ فِيْهِ

 

12.    Perhatikan bagian QS. Al-Qaṣaṣ (28): 77 berikut!

وَابْتَغِ فِيمَا آتَاكَ اللَّهُ الدَّارَ الْآخِرَةَ ۖ وَلَا تَنْسَ نَصِيبَكَ مِنَ الدُّنْيَا ۖ

Ayat di atas menjelaskan tentang….

a.     Kehidupan akhirat lebih utama

b.     Kehidupan dunia lebih utama

c.     Kehidupan dunia harus dicari

d.     Keseimbangan dunia dan akhirat

 

13.    Saat membaca QS. Al-Baqarah ayat 1 maka hukum bacaannya adalah Mad lazim mukhaffaf harfi yang artinya apabila huruf Mad bertemu sukun yang dibaca Idgham dalam huruf, dan panjang bacaanya 3 alif atau 6 harakat. Slah satu cotoh dibawah ini yang termasuk dari bacaan Mad lazim mukhaffaf harfi...

 

a.     ادْخُلُوا فِي السِّلْمِ كَافَّةً

b.     آتَاكَ اللَّهُ الدَّار

c.     لَا يَهْدِى الْقَوْمَ الظّٰلِمِيْنَ

d.     Salah semua

14.     Mad lazim Mukhaffaf kilmi adalah apabila mad bertemu sukun asli dalam satu kalimah, dan dibaca panjang 3 alif atau 6 harakat. Dari potongan ayat berikut, yang termasuk mengandung hukum bacaan  mad lazim Mukhaffaf kilmi adalah …

a. مِنْ دَآبَّةٍ

b.أَثُمَّ إِذَا مَا وَقَعَ آمَنْتُمْ بِهِ آلآنَ وَقَدْ كُنْتُمْ بِهِ

c. ادْخُلُوا فِي السِّلْمِ كَافَّةً 

d. آلْآنَ وَقَدْ عَصَيْتَ قَبْلُ وَكُنْتَ مِنَ الْمُفْسِدِينَ

 

15.  فَإِذَا جَاءَتِ الطَّامَّةُ الْكُبْرَى pada lafal الطَّامَّةُ   cara membacanya adalah dengan diberatkan dan dimasukkan pada huruf berikutnya, karena merupakan bacaan …

a.     Mad lazim mukhaffaf lazim                      

b.     Mad lazim mutsaqqal kilmi                     

c.     Mad lazim mutsaqqal harfi

d.     Mad lazim mukhaffaf kilmi

 

16.  QS. Al Muthaffifin termasuk surat makkiyah, Lafal وَيۡلٌ لِّلۡمُطَفِّفِيۡنَ ada yang mengartikan berlaku curang. Azbabub Nuzul pada surah ini adalah...

a.     Berkaitan dengan kecurangan yang dilakukan orang Madinah  

b.     Secara bahasa al Muthaffifin artinya curang

c.     Celakanya orang yang curang

d.     Larangan tidak jujur dalam muamalah

17.  Mencari nafkah dengan berdagang secara jujur merupakan suatu kewajiban dan berarti sudah memanfaatkan rezeki dari Allah, sedangkan hukum melakukan kejujuran termasuk......

a.   Fardhu kifayah

b.   Mubah      

c.   Fardhu Ain

d.   Sunah Muakad

18.  Zahra berdiskusi dengan temannya tentang orang-orang yang curang dan durhaka. Ia lalu membuka dan membaca QS. Al-Muthaffifin. Saat sampai pada ayat كِتَبٌ مَرْقُوْم kemudian ia bertanya kepada temannya. Arti dari ayat tersebut adalah...

a.   Buku catatan timbangan

b.   Buku catatan amal

c.   Buku yang disembunyikan

d.   Buku yang terlindungi

 

19.  Perhatikan pernyataan berikut!

(1) Ancaman bagi orang yang berlaku curang 

(2) Larangan barkata bohong 

(3) Peringatan keras untuk menyempurnakan takaran dan timbangan 

(4) Perintah untuk menghormati pedagang

Pernyataan di atas yang merupakan isi kandungan hadis jujur dalam muamalah riwayat Baihaqi dari Ibnu Abbas Ra adalah...

a.     (1)

b.     (2)

c.     (3)

d.     (4)

20.  Amira dan Raisa belajar menghafal sebuah hadis tentang jujur riwayat Baihaqi dari Ibnu Abbas Ra., mereka bergantian membaca dan mengartikan hadis tersebut. Raisa mengartikan lafadz الْمِكْيَالَ وَالْمِيْزَانَ sebagai...

a.     Sungguh kalian akan menguasai

b.     Urusan yang menghancurkan

c.     Takaran dan timbangan

d.     Umat terdahulu

21.  Dalam hadis jujur dalam muamalah riwayat Tirmidzi dari Hasan bin Ali Ra yang berbunyi, دَعْ مَا يَرِيبُكَ إِلَى مَا لاَ يَرِيبُكَ “tinggalkan apa yang meragukanmu dan kerjakan apa yang tidak meragukanmu.” Isi pesan penting pada potongan hadis tersebut adalah...

a.     Meninggalkan jual beli

b.     Meninggalkan hal-hal yang menimbulkan keraguan

c.     Menyempurnakan takaran dan timbangan

a.     Meninggalkan hal-hal yang menjadikan ketenangan

 

22.  Salman sedang membaca QS. Hud: 41, ketika sampai pada lafalبِسْمِ اللهِ مَجْرَىهَا وَمُرْسَاهَا Bacaan gharib yang tepat pada potongan ayat tersebut adalah  ...

a.     Isymam

b.     Mad dan Qashr

c.     Tas-hil

d.     Imalah

 

23.  Ahmad sedang membaca al-Qur’an yang disimak oleh gurunya. Ketika membaca QS. Al-Hujurat: 11, pada lafal بِئْسَ الاسْمُ الْفُسُوقُ dibaca Naql, secara bahasa Naql artinya….

 

a.     Memiringkan

b.     Menggabungkan

c.     Meringankan

d.     Memindahkan

 

24.  Diantara lafal-lafal tersebut terdapat hukum bacaan gharib dalam Isymam adalah nomor...

No

Lafal

1

لَا تَاءْ مَنًا

2

مَجْرَىهَا وَمُرْسَاهَا

3

ءَاَعْجَمِي و عربي

4

وَلَا الضَالًيْنَ

 

 

 


 

a.   1

b.   2

c.   3

d.   4

25.  Berdasarkan makna surat Abasa ayat 1-10 tersebut, kita dapat mengetahui bahwa Islam meletakkan kepentingan yang setara untuk mendapatkan pendidikan bagi semua kalangan tanpa memandang status sosial. Diantara kandungan QS. ‘Abasa: 1-10 sebagai berikut adalah...

a.     Orang yang beriman dan berilmu akan ditinggikan deratanya

b.     Perintah untuk melapangkan tempat bagi pencari ilmu

c.     Allah mengetahui secara detail apa yang dilakukan manusia

d.     Perintah kepada guru memberikan penghargaan dan pelayanan yang sama

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SOAL ASESMEN BAHASA INDONESIA MTS KLS 9

ASASMEN BAHASA INGGRIS

ASASMEN BAHASA ARAB MTS