ASESMEN AL-QUR'AN HADIS
SOAL ASESEMEN MADRASAH AL-QUR’AN HADIS
Pilihlah jawaban yang benar dengan
memberikan tanda silang (X) pada huruf A, B, C, atau D pada soal dibawah ini!
1. Perhatikan
pernyataan berikut!
(1) Mengingatkan anggota keluarga yang melakukan kesalahan
(2) Tidak segan menolong tetangga kita yang sedang kesulitan
(3) Menghormati warga sekitar meski berbeda agama
(4) Tertib dalam melaksanakan kewajiban pribadi
Dari hal-hal di atas yang termasuk pengamalan al-Qur‟an dalam
kehidupan bermasyarakat dapat ditunjukkan dengan pernyataan nomor…
a. (1) dan (2)
b. (2) dan (3)
c. (3) dan (4)
d. (4) dan (1)
2. Perhatikan
ayat berikut!
وَالنَّهَارِ
اِذَا جَلّٰٮهَا
Terjemah
yang tepat dari ayat tersebut adalah ...
a. dan bulan apabila mengiringinya
b. dan siang
apabila menampakkannya
c. dan malam apabila menutupinya,
d. dan langit serta pembinaannya
3.
Perhatikan
ayat berikut!
a. sesungguhnya rahmat-ku lebih mengalahkan
kecintaan-ku
b. sesungguhnya di langit dan bumi penuh
dengan rahmat-ku
c. sesunguhnya rahmat-ku tidak sebanding
dengan kemurkaan-ku
d. Sesungguhnya rahmat-Ku lebih
mengalahkan kemurkaan-Ku
4.
Perhatikan
ayat berikut!
a. langit dan pembangunannya,
peninggiannya yang demikian hebat yang amat sempurna indah
b. yakni allah swt. membentangkan langit dan memperluasnya
c. ketika nampak jelas dengan cahayanya dan sinarnya dan
menyingkap kegelapan.
d. yaitu, ketika matahari tenggelam, bulan muncul
5.
a. orang-orang yang selalu memikirkan allah
swt
b. golongan yang menggunakan akal sehatnya
untuk mencermati allah swt
c. orang-orang yang
memikirkan ciptaan allah swt.
d. orang yang senantiasa memanfaatkan semua ciptaan Allah Swt.
6. Perhatikan hadis berikut!
a. tidaklah sedekah
itu mengurangi harta,
b. tidaklah allah swt. menambah bagi seorang
hamba
c. tidak pemberian maaf (kepada saudaranya,)
d. Dia akan meninggikan (derajat)nya
7.
Cermati ayat-ayat
berikut !
|
Ayat Al-Quran |
Hukum Bacaan |
||
|
1 |
لَقَدْ خَلَقْنَا الْإِنْسٰنَ فِىٓ أَحْسَنِ تَقْوِيْمٍ |
A |
Mad Iwadh |
|
2 |
فَلْيَعْبُدُوْا رَبَّ هٰذَا الْبَيْتِۙ |
B |
Mad Layyin |
|
3 |
فَوَسَطْنَ بِهٖ جَمْعًاۙ |
C |
Mad Aridh Lissukun |
Pasangan yang tepat untuk ayat al-quran dan hukum
bacaannya adalah…
a.
1-A, 2-B, 3-C
b.
1-A, 2-C, 3-B
c.
1-B, 2-C, 3-A
d. 1-C, 2-B, 3-A
8. Perhatikan Pernyataan Berikut !
Pada saat pelajaran Qur’an Hadist, Dani diminta oleh guru membacakan surat
Quraiys dengan fasih dan tartil, saat melafalkan :
الَّذِىٓ
أَطْعَمَهُمْ
مِّنْ
جُوْعٍ
وَءَامَنَهُمْ
مِّنْ
خَوْفٍ
Pada akhir ayat tersebut ia panjankan karena terdapat waw sukun ( وْ ) yang didahului huruf berharakat fathah dan setelahnya
dan selanjutnya terdapat huruf hidup yang diwaqafkan. Hal tersebut ia
lakukan karena pada ayat tersebut terdapat hukum bacaan ….
a.
Mad ‘Iwad
b. Mad Layyin
c.
Mad Tamkin
d.
Mad ‘aridh lissukun
9. Dalam Q.S al-Baqarah ayat 261 Allah
Berfirman yang terjemahannya “Perumpamaan
orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang
menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah
melipatgandakan bagi siapa yang Dia kehendaki, dan Allah Mahaluas, Maha
Mengetahui”. Lafal ayat yang artinya “seperti sebutir biji yang menumbuhkan
tujuh tangkai” adalah:
مَثَلُ الَّذِيْنَ يُنْفِقُوْنَ اَمْوَالَهُمْ فِيْa.
وَاللّٰهُ يُضٰعِفُ لِمَنْ يَّشَاۤءُb.
وَاللّٰهُ وَاسِعٌ عَلِيْمٌc.
كَمَثَلِ حَبَّةٍ اَنْۢبَتَتْ سَبْعَ سَنَابِلَd.
10.
Perhatikan
QS. Al-Fajr Ayat 15-18 berikut ini!
كَلَّا بَلْ لَا تُكْرِمُونَ الْيَتِيمَ
Makna yang terdapat dalam
kandungan ayat di atas adalah …
a.
kecenderungan manusia merasa mulia
dengan rezeki yang diberikan Allah Swt, padahal tidaklah demikian, sesungguhnya
harta itu hanyalah ujian dan cobaan bagi mereka
b.
mengisyaratkan agar manusia
memuliakan dan menyayangi anak yatim. Memperlakukan mereka dengan baik
c.
memperingatkan agar
manusia saling menyeru, saling mengingatkan untuk menyeru memberi makan orang
miskin. Orang-orang yang tidak menyantuni anak yatim dan tidak menyeru memberi
makan orang miskin termasuk pendusta agama.
d.
Betapa mulianya orang-orang yang
menyayangi anak yatim. Kelak Mereka akan berdampingan bersama Rasulullah Saw
11.
Perhatikan Hadis
di bawah ini !
عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: مَا مِنْ يَوْمٍ يُصْبِحُ الْعِبَادُ فِيْهِ إِلاَّ مَلَكَانِ يَنْزِلاَنِ فَيَقُوْلُ أَحَدُهُمَا: اَللَّهُمَّ أَعْطِ مُنْفِقًا خَلَفًا. وَيَقُوْلُ اْلآخَرُ: اَللَّهُمَّ أَعْطِ مُمْسِكًا تَلَفًا )متفق عليه(
Hadist di atas merupakan hadis Riwayat Bukhari
Muslim dari Abu Hurairah yang sebagian memiliki arti “Malaikat mendo‘akan
orang-orang yang menahan hartanya dengan do‘a…..
a. فِيْهِ إِلاَّ مَلَكَانِ يَنْزِلاَنِ فَيَقُوْلُ أَحَدُهُمَا:
b.
اَللَّهُمَّ أَعْطِ مُمْسِكًا تَلَفًا
c.
اَللَّهُمَّ أَعْطِ مُنْفِقًا خَلَفًا
d.
مَا مِنْ يَوْمٍ يُصْبِحُ الْعِبَادُ فِيْهِ
12. Perhatikan bagian QS. Al-Qaṣaṣ (28): 77 berikut!
وَابْتَغِ فِيمَا آتَاكَ اللَّهُ الدَّارَ الْآخِرَةَ ۖ وَلَا تَنْسَ نَصِيبَكَ مِنَ الدُّنْيَا ۖ
Ayat di atas
menjelaskan tentang….
a.
Kehidupan akhirat lebih utama
b.
Kehidupan dunia lebih utama
c.
Kehidupan dunia harus dicari
d. Keseimbangan dunia dan akhirat
13.
Saat membaca
QS. Al-Baqarah ayat 1 maka hukum bacaannya adalah Mad lazim mukhaffaf harfi yang
artinya apabila huruf Mad bertemu sukun yang dibaca Idgham dalam huruf,
dan panjang bacaanya 3 alif atau 6 harakat. Slah satu cotoh dibawah ini yang
termasuk dari bacaan Mad lazim mukhaffaf harfi...
a.
ادْخُلُوا فِي السِّلْمِ كَافَّةً
b.
آتَاكَ اللَّهُ الدَّار
c.
لَا يَهْدِى الْقَوْمَ
الظّٰلِمِيْنَ
d.
Salah semua
14.
Mad lazim Mukhaffaf kilmi adalah apabila mad bertemu sukun asli dalam satu
kalimah, dan dibaca panjang 3 alif atau 6 harakat. Dari potongan ayat berikut, yang termasuk mengandung
hukum bacaan mad lazim Mukhaffaf kilmi adalah …
a.
مِنْ دَآبَّةٍ
b.أَثُمَّ إِذَا مَا وَقَعَ آمَنْتُمْ بِهِ آلآنَ وَقَدْ
كُنْتُمْ بِهِ
c.
ادْخُلُوا
فِي السِّلْمِ كَافَّةً
d. آلْآنَ وَقَدْ عَصَيْتَ قَبْلُ وَكُنْتَ مِنَ
الْمُفْسِدِينَ
15. فَإِذَا جَاءَتِ الطَّامَّةُ الْكُبْرَى pada lafal الطَّامَّةُ cara
membacanya adalah dengan diberatkan dan dimasukkan pada huruf berikutnya,
karena merupakan bacaan …
a. Mad lazim
mukhaffaf lazim
b. Mad
lazim mutsaqqal kilmi
c. Mad lazim
mutsaqqal harfi
d. Mad lazim
mukhaffaf kilmi
16. QS. Al
Muthaffifin termasuk surat makkiyah, Lafal وَيۡلٌ لِّلۡمُطَفِّفِيۡنَ ada yang
mengartikan berlaku curang. Azbabub Nuzul pada surah ini adalah...
a. Berkaitan
dengan kecurangan yang dilakukan orang Madinah
b. Secara
bahasa al Muthaffifin artinya curang
c. Celakanya
orang yang curang
d. Larangan
tidak jujur dalam muamalah
17. Mencari
nafkah dengan berdagang secara jujur merupakan suatu kewajiban dan berarti
sudah memanfaatkan rezeki dari Allah, sedangkan hukum melakukan kejujuran
termasuk......
a. Fardhu
kifayah
b. Mubah
c. Fardhu Ain
d. Sunah Muakad
18. Zahra
berdiskusi dengan temannya tentang orang-orang yang curang dan durhaka. Ia lalu
membuka dan membaca QS. Al-Muthaffifin. Saat sampai pada ayat كِتَبٌ
مَرْقُوْم kemudian ia bertanya kepada temannya.
Arti dari ayat tersebut adalah...
a.
Buku catatan timbangan
b.
Buku catatan amal
c.
Buku yang disembunyikan
d.
Buku yang terlindungi
19. Perhatikan
pernyataan berikut!
(1) Ancaman bagi orang yang berlaku curang
(2) Larangan barkata bohong
(3) Peringatan keras untuk menyempurnakan takaran dan timbangan
(4) Perintah untuk menghormati pedagang
Pernyataan di atas yang merupakan
isi kandungan hadis jujur dalam muamalah riwayat Baihaqi dari Ibnu Abbas Ra adalah...
a.
(1)
b.
(2)
c.
(3)
d.
(4)
20.
Amira dan Raisa belajar menghafal
sebuah hadis tentang jujur riwayat Baihaqi dari Ibnu Abbas Ra., mereka
bergantian membaca dan mengartikan hadis tersebut. Raisa mengartikan lafadz الْمِكْيَالَ
وَالْمِيْزَانَ sebagai...
a.
Sungguh kalian akan menguasai
b.
Urusan yang menghancurkan
c.
Takaran dan timbangan
d.
Umat terdahulu
21. Dalam hadis jujur dalam muamalah riwayat Tirmidzi dari Hasan bin
Ali Ra yang berbunyi, دَعْ مَا يَرِيبُكَ إِلَى مَا لاَ يَرِيبُكَ “tinggalkan apa yang
meragukanmu dan kerjakan apa yang tidak meragukanmu.” Isi pesan penting pada
potongan hadis tersebut adalah...
a.
Meninggalkan jual beli
b.
Meninggalkan hal-hal yang
menimbulkan keraguan
c.
Menyempurnakan takaran dan
timbangan
a.
Meninggalkan hal-hal yang
menjadikan ketenangan
22. Salman sedang
membaca QS. Hud: 41, ketika sampai pada lafalبِسْمِ اللهِ مَجْرَىهَا وَمُرْسَاهَا Bacaan gharib yang tepat pada
potongan ayat tersebut adalah ...
a. Isymam
b. Mad dan
Qashr
c. Tas-hil
d. Imalah
23. Ahmad sedang
membaca al-Qur’an yang disimak oleh gurunya. Ketika membaca QS. Al-Hujurat: 11,
pada lafal بِئْسَ الاسْمُ الْفُسُوقُ dibaca Naql, secara bahasa Naql artinya….
a. Memiringkan
b. Menggabungkan
c. Meringankan
d. Memindahkan
24. Diantara lafal-lafal
tersebut terdapat hukum bacaan gharib dalam Isymam adalah
nomor...
|
No |
Lafal |
|
1 |
لَا تَاءْ مَنًا |
|
2 |
مَجْرَىهَا وَمُرْسَاهَا |
|
3 |
ءَاَعْجَمِي و عربي |
|
4 |
وَلَا الضَالًيْنَ |
a.
1
b.
2
c.
3
d.
4
25. Berdasarkan
makna surat Abasa ayat 1-10 tersebut, kita dapat mengetahui bahwa Islam
meletakkan kepentingan yang setara untuk mendapatkan pendidikan bagi semua
kalangan tanpa memandang status sosial.
Diantara kandungan QS. ‘Abasa: 1-10 sebagai berikut adalah...
a. Orang yang beriman dan berilmu akan
ditinggikan deratanya
b.
Perintah untuk melapangkan tempat
bagi pencari ilmu
c.
Allah mengetahui secara detail apa
yang dilakukan manusia
d.
Perintah kepada guru
memberikan penghargaan dan pelayanan yang sama
Komentar
Posting Komentar